OPTIMALISASI RUTE DAN PENJADWALAN PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN METODE INSERTION HEURISTIC DAN INTRAROUTE IMPROVEMENT
STUDI KASUS: UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
Abstract
Jadwal pengangkutan sampah di lingkungan Universitas Brawijaya Malang (UB) bertabrakan dengan jam padat lalu lintas kendaraan. Selain itu, pihak kebersihan UB belum mempertimbangkan penggunaan kapasitas kendaraan yang ada dalam pengangkutan sampah. Salah satu metode heuristik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pihak kebersihan UB adalah metode insertion heuristic. Rute yang diperoleh dengan metode insertion heuristic kemudian diperbaiki kembali dengan menggunakan metode intra-route improvement, yaitu metode 2-opt dan Or-opt. Setelah didapatkan rute minimum dan kendaraan yang menghasilkan biaya operasional paling minimum, selanjutnya dilakukan penjadwalan pengangkutan sampah. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya 6 rute baru dengan total jarak 18,22 km dan penggunaan satu buah Pick Up untuk melakukan pengangkutan sampah. Biaya operasional awal pengangkutan sampah sebesar Rp 1.199.600 menjadi Rp 1.015.200 atau berkurang sebesar Rp 184.400 per bulannya (berkurang sebesar 15,372% dari biaya operasional awal). Penjadwalan pengangkutan sampah yang dibuat dapat menjadi acuan bagi pihak kebersihan UB agar tidak bertabrakan dengan jam padat lalu lintas di lingkungan UB sehingga bisa meminimalisir kemacetan.
Downloads
References
[2] A. Purnomo, “Analisis Rute Pendistribusian Dengan Menggunakan Metode Nearest Insertion Heuristic Persoalan The Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRPTW) (Studi Kasus Di Koran Harian Pagi Tribun Jabar)”, Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri: Pemberdayaan Rekayasa Industri Berbasis Eco-Efficiency pada Era Perdagangan Bebas, Universitas Islam Bandung, (2010).
[3] M.W.P. Savelsbergh, “An Efficient Implementation of Local Search Algorithms for Constrained Routing Problems,” European Journal of Operational Research, 47, 75-85, (1990).
Copyright (c) 2022 Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.