MODEL MATEMATIS RUTE WISATA DI RIAU DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN GOL
Abstract
Salah satu pengelolaan wisata yang penting adalah pengelolaan rute perjalanan wisata. Pengelolaan rute perjalanan wisata yang dilakukan adalah dengan meminimumkan total waktu perjalanan sehingga bisa meminimumkan total biaya perjalanan. Biaya perjalanan yang murah akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Riau. Peneliti tertarik mengkonstruksi model matematis rute perjalanan wisata di Riau sehingga diperoleh total waktu perjalanan dan total biaya perjalanan yang optimal. Meminimumkan rute perjalanan kendaraan tidak hanya meminimumkan jarak perjalanan, tetapi juga terdapat beberapa tujuan yang lain, seperti meminimumkan total waktu perjalanan, meminimumkan total biaya, memaksimalkan jumlah pelanggan yang dilayani, meminimumkan waktu distribusi, dan memaksimalkan kapasitas angkut kendaraan. Pengelolaan rute perjalanan wisata pada penelitian ini difokuskan untuk perjalanan darat. Wisatawan akan mengetahui berapa total waktu perjalanan dan total biaya perjalanan yang mereka perlukan ketika mengunjungi daerah-daerah wisata di Riau daratan. Model matematis dibuat dengan menggunakan pemrograman gol. Pemrograman gol dipilih karena pemrograman gol dinilai paling efektif untuk menyelesaikan masalah fungsi tujuan yang mempunyai lebih dari satu tujuan. Sehingga hal ini sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu meminimumkan total waktu perjalanan dan meminimumkan total biaya perjalanan
Downloads
References
I. Hasbiyati, “Analysis of Multi-Stage Stochastic Optimization Model for Stochastic Transportation Problems”, Journal of Transportation Systems, 4 (1), 21-25, (2019).
C. E. Miller, A. W. Tucker, and R. A. Zemlin, “Integer Programming Formulations and Traveling Salesman Problems”, Journal of AMC., 7(1), 326-329, (1960).
R. S. Garfinkel, and G. L. Nemhauser, Integer Programming, John Wiley & Sons,(1972).
A. Charnes, W. Cooper, and R. Ferguson, “Optimal Estimasi of Executive Compensation by Linear Programming”, Management Science., 1(1), 138-151, (1995).
Copyright (c) 2022 Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.