TERAPAN FUNGSI SIGMOID UNTUK MENENTUKAN NILAI MAKSIMAL KOEFISIEN GAYA ANGKAT DAN SUDUT STALL PADA KURVA LINEAR CL TERHADAP α

  • Angga Septiyana Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Singgih Satrio W Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Aeronautika, Politeknik Negeri Bandung , Indonesia
  • Fuad Surastyo P Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Try Kusuma Wardana Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Ardian Rizaldi Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Novita Atmasari Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Eries Bagita Jayanti Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
  • Prasetyo Ardi P Pusat Teknologi Penerbangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Indonesia
Keywords: fungsi sigmoid, XFLR5, stall, gaya angkat, sudut serang

Abstract

Karya tulis ilmiah ini membahas tentang terapan fungsi sigmoid untuk menentukan nilai maksimal gaya angkat dan sudut stall pada pesawat berdasarkan hasil simulasi dengan menggunakan perangkat lunak XFLR5.Nilai maksimal gaya angkat dan sudut stall pada sebuahpesawatmerupakankomponenyangharusdiketahuiagarpesawattidakmengalamistall. Dimana pada saat pesawat sudah mencapai sudut stall pesawat akan kehilangan gaya angkat dan menyebabkan pesawat jatuh. Perangkat lunak XFLR5 digunakan untuk mensimulasikan sertauntukmendapatkankurvakoefisiengayaangkat CLterhadapsudutserang α. Hasilsimulasi dengan menggunakan perangkat lunak XFLR5 menunjukkan grafik CL terhadap α bersifat linear yang artinya tidak dapat diketahui dimana koefisien gaya angkat maksimal dan sudut serang dimana pesawat mengalami stall. Hasil penelitian ini fungsi sigmoid ini dapat diterapkan untuk menentukan nilai maksimal koefisien gaya angkat dan sudut stall dari pesawat. Penelitian yang dilakukan dengan memilih nilai transition rate M sebesar 0.8 diperoleh hasilnilai koefisien gaya angkat maksimal 1.2648 dan sudut stall sebesar 13◦

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dantsker,OrD.andVahora,Moiz,“Comparisonofaerodynamiccharacterizationmethods for design of unmanned aerial vehicles,” AIAA Aerospace Sciences Meeting., 210059 , 2018.

Prisacariu,Vasile “ANALYSIS OF UAVs FLIGHT CHARACTERISTICS,” Review of the Air Force Academy, Vol 16 (3) , page 29-36, 2018.

Septiyana, A. and Hidayat, K. and Rizaldi, A. and Ramadiansyah, M. L. and Ramadhan, R.A.andSuseno,P.A.P.andJayanti,E.B.andAtmasari,N.andRasyadi,A.“Analysisof aerodynamic characteristics using the vortex lattice method on twin tail boom unmanned aircraft,” AIP Conference Proceedings, 2226 , 2020.

S. Pinzon. “Introduction to VLM theory (Vortex Lattice Theory),” Sci. Air Power, Vol 10 , page 39-48, 2015.

A. R. Soemaryanto and D. Herdiana. “Verification of Aerodynamics Characteristic in TwinTail-BoomPusherUnmannedAircraftConfigurationUsingNumericalMethod,”Advances in Science and Technology of Indonesian Aircraft, Rocket, and Satellite: Design, Simulation, and Performance Analysis, page 14-21, 2015.

Beard,RandalW.andMcLain,TimothyW.,SmallUnmannedAircraft: TheoryandPractice. Princenton University Press, 2012.

Jr, John D. Anderson, Fundamentals of Aerodynamics 5th Ed. New York: McGraw-Hill, Inc, 2009.

Suhardi, Iwan. “Evaluasi Pegaruh Fungsi Aktivasi Dan Parameter Kemiringannya Terhadap Unjukkerja Pengenalan ( Studi Kasus pada Pengenalan Karakter Angka Tulisan Tangan ),” Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, Vol 10 (1), page 53-68, 2007.

T. R. Yechout, S. L. Morris, D. E. Bossert, and W. F. Hallgren, Introduction to Aircraft Flight Mechanics, AIAA Education Series, American Institute of Aeronautics and Astronautics, 2003.

Published
2022-04-19
How to Cite
Septiyana, A., W, S., P, F., Wardana, T., Rizaldi, A., Atmasari, N., Jayanti, E., & P, P. (2022). TERAPAN FUNGSI SIGMOID UNTUK MENENTUKAN NILAI MAKSIMAL KOEFISIEN GAYA ANGKAT DAN SUDUT STALL PADA KURVA LINEAR CL TERHADAP α. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 327-334. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.327-334
Section
Articles