IMPLEMENTASI DEEP LEARNING UNTUK KLASIFIKASI GAMBAR MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) PADA BATIK SASAMBO

  • Muna Malika Universitas Islam Indonesia
  • Edy Widodo Universitas Islam Indonesia
Keywords: Batik Sasambo, Convolutional Neural Network, Deep Learning

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam batik. Salah satu yang memiliki ciri khas dan keunikan ialah batik sasambo. Batik sasambo merupakan batik asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Nama Kain batik ini merupakan gabungan dari tiga suku besar di Provinsi NTB yaitu Sasak (Lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima). Deep Learning adalah salah satu cabang ilmu dari Machine Learning yang memanfaatkan jaringan syaraf tiruan untuk implementasi permasalahan dengan dataset besar. Salah satu metode Deep Learning yang mampu memberikan hasil signifikan dalam mengenali objek gambar adalah Convolutional Neural Network (CNN). CNN merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan object detection dan image classification. Oleh karena itu, diperlukan suatu usaha pengenalan batik sasambo salah satu cara dalam mengenali motif batik adalah dengan metode pengenalan pola. Metode CNN dapat diterapkan dalam klasifikasi gambar pada batik sasambo sehingga peneliti ingin melakukan klasifikasi gambar pada batik sasambo dengan menggunakan metode CNN tersebut. Data sampel yang digunakan sebanyak 300 data citra untuk 3 kategori. Hasil implementasi Deep Learning dengan menggunakan CNN dalam mengklasifikasikan batik sasambo motif peresean, bunga aruna dan kangkung dinilai cukup baik. Banyaknya layer konvolusi yang digunakan yaitu sebanyak 4 layer konvolusi. Akurasi yang didapatkan dari uji model untuk data test didapatkan sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Parmono, K. Simbolisme Batik Tradisional. Yogyakarta: Fak.Filsafat UGM. (1995).

Ini, Milda. Mengenal Batik Sasambo Kepunyaan Negeri Lombok [online]. Available: https://www.mi ldaini.com/2015/11/ mengenal-Batik-Sasambokepunyaan-negeri.html. (2015).

Ratnasari, M.C.D. Deep Learning Convolutional Neural Network untuk klasifikasi pengenalan objek menggunakan Mxnet. Yogyakarta: UII. (2018). [4] Harjoseputro, Y. Convolutional Neural Network Untuk Pengklasifikasian Aksara Jawa. Yogyakarta: UAJY. (2018).

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. Deep Learning. Nature, 521 (7533), 436-444. 2015.

Sena, S. Pengenalan Deep learning Part 7: Convolutional Neural Network (CNN) [online]. Available: https://medium.com/@samuelsena/pengenaln-deep-learning-part-7convolutiona l-neural-network-cnn-b003b4 77dc94. (2017).

Published
2022-04-19
How to Cite
Malika, M., & Widodo, E. (2022). IMPLEMENTASI DEEP LEARNING UNTUK KLASIFIKASI GAMBAR MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) PADA BATIK SASAMBO. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 335-340. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.335-340
Section
Articles