ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA UNTUK MENGETAHUI INDIKATOR-INDIKATOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA KUSIR KUDA/DELMAN DI KOTA CIMAHI TAHUN 2019

  • Dhita Diana Dewi Program Studi Magister Statistika Terapan, Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Fajriatus Sholihah Program Studi Magister Statistika Terapan, Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Rosa Rosmanah Program Studi Magister Statistika Terapan, Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Lucy Fitria Dewi Program Studi Magister Statistika Terapan, Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Mochamad Yudhi Afrizal Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi, Indonesia
  • Irlandia Ginanjar Departemen Statistika, Fakultas MIPA, Universitas Padjadjaran, Indonesia
Keywords: analisis korespondensi berganda, dependensi, uji chi kuadrat, kusir kuda/delman, low back pain (LBP)

Abstract

Low Back Pain (LBP) merupakan nyeri yang dirasakan di area punggung bagian bawah. Pekerjaan yang dapat menimbulkan LBP salah satunya kusir kuda/delman. Dampak dari LBP yaitu dapat menurunkan produktivitas kerja. Hasil survei pendahuluan tahun 2019 di Kota Cimahi didapatkan 10 dari 10 orang atau 100% kusir kuda/delman mengeluhkan nyeri punggung bagian bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator yang memiliki dependensi dengan kejadian LBP serta mengetahui kategori variabel yang berpengaruh terhadap kejadian LBP pada kusir kuda/delman di Kota Cimahi tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Chi Kuadrat dan analisis korespondensi berganda. Hasil Uji Chi Kuadrat menunjukan bahwa variabel kelompok umur (p-value = 0,004) dan masa kerja (p-value = 0,005) berhubungan dengan kejadian LBP. Tiga indikator lainnya yaitu lama kerja (p-value = 0,171), status gizi (p-value = 0,672), dan posisi kerja (p-value = 1,000) tidak berhubungan dengan kejadian LBP. Selain itu, terdapat hubungan antara kejadian LBP, kelompok umur, dan masa kerja (p-value = 0,14765). Selanjutnya dengan analisis korespondensi berganda diperoleh hasil bahwa kusir kuda/delman yang mengalami kejadian LBP berasal dari kelompok umur tua dengan masa kerja lama. Sedangkan kusir kuda/delman yang tidak mengalami LBP berasal dari kelompok umur muda dengan masa kerja lama. Berdasarkan observasi yang digunakan, disarankan bagi kusir kuda untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah kejadian LBP dengan sedapat mungkin memenuhi posisi kerja yang ergonomi agar dapat meningkatkan produktivitas kerja secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Zulkaidah, Studi Tentang Distribusi Penggunaan Kursi Kerja Ergonomis dan Tidak Ergonomis Pada Pegawai yang Mengalami Nyeri Punggung Bawah di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Universitas Hasanuddin, Makassar, (2011).

M. N. Riza, Hubungan Masa Kerja dan Posisi Kerja Terhadap Kejadian Low Back Pain Pada Penenun di Kampoeng BNI Kabupaten Wajo, Skripsi, Universitas Hassanudin, Makassar, (2016).

N. S. P. Komang dan I. A. G. Putu, Hubungan Sikap Duduk dan Lama Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Perak Di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Vol 6(2): 1-10, (2017).

P.K. Suma’mur, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes), Sagung Seto, Jakarta, (2014).

Perdani, P., Pengaruh Postur dan Posisi Tubuh Terhadap Timbulnya Nyeri Punggung Bawah, Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, KTI, (2010).

Thoyib. dkk, Hubungan Tingkat Risiko Ergonomi dan Masa Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pemecah Batu, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Vol 2(3) 227-231, (2014).

F. Andini, Risk Factor of Low Back Pain in Workers, Jurnal Faculty of Medicine, Universitas Lampung, Vol 4(1): 12-19, (2015).

M. J. Greenacre, Theory and Application of Correspondence Analysis, Academic Press Inc, New York, (1984).

Rencher AC., Methods of Multivariat Analysis, 2nd Edition. New York: John Wiley and Sons, Inc., (2002).

Johnson, R. A., Wichern D. W., Applied Multivariat Statistical Analysis. 5th Edition. Practice Hall Inc, New Jersey, (2002).

Published
2022-04-19
How to Cite
Dewi, D., Sholihah, F., Rosmanah, R., Dewi, L., Afrizal, M., & Ginanjar, I. (2022). ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA UNTUK MENGETAHUI INDIKATOR-INDIKATOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA KUSIR KUDA/DELMAN DI KOTA CIMAHI TAHUN 2019. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 351-358. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.351-358
Section
Articles