ANALISIS KEPUASAN DAN POSITIONING SELLER E-MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN BIPLOT

  • Farah Dibah Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Dwi Endah Kusrini Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Biplot, E-marketplace, Importance Performance Analysis, Positioning, Seller

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat dan juga adanya pembatasan sosial men-
dorong banyak pelaku usaha untuk membuka toko secara online baik melalui media sosial
maupun e-marketplace. Banyaknya penjual yang puas dengan sistem yang diberikan oleh e-
marketplace akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap e-marketplace tersebut.
Pada penelitian ini dilakukan analisis kepuasan seller terhadap e-marketplace dengan
menggunakan metode importance performance analysis untuk mengetahui tingkat kepuasan
seller terhadap e-marketplace di Indonesia dan metode biplot yang dilakukan untuk menge-
tahui positioning e-marketplace sesuai dengan persepsi seller mengenai kepuasan terhadap
e-marketplace. E-marketplace yang dianalisis pada penelitian ini yaitu e-marketplace yang
paling banyak digunakan di Indonesia yang terdiri dari Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.
Berdasarkan importance performance analysis, penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
kepuasan yang harus diperbaiki oleh e-marketplace di Indonesia adalah variabel tangibles,
reliability, responsiveness, dan emphaty. Berdasarkan hasil biplot, Penelitian ini menunjuk-
kan hasil bahwa Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak memiliki ciri khas tersendiri pada indi-
kator-indikator kepuasan dibenak seller, tetapi Shopee masih lebih unggul dibandingkan
dengan e-marketplace yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Marco, and B. Ningrum, “Analisis Sistem Informasi E-marketplace pada Usaha
Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan”, Jurnal Ilmiah Data
Manajemen dan Teknologi Informasi , 18 (2), 48-53 (2017).
[2] BPS, Statistik E-commerce 2020, Badan Pusat Statistik, Jakarta (2020).
[3] L. Lefrandt, H. Sulistio, A. Wicaksono, L. Djakfar, and B. W. Otok,, “The Combination
of Importance Performance Analysis and Structural Equation Model for Modeling
Pedestrian Satisfaction in Manado”, Journal of Theoretical and Applied Information
Technology , 90 (2), hal 158-166 (2016).
[4] C.G. John, G. L. Sugnet, and J. Niel, “Understanding Biplots”, John Wiley and Sons,
Inc., New York (2011).
[5] W. S. David, “Multivariate Density Estimation: Theory, Practice, amd Visualization”,
John Wiley and Sons, Inc., Canada (2015).
[6] Anggriyani, I. S. Artha, D. Safitri, and T. Wuryandari, “Analisis Biplot Row Metric
Preserving untuk Mengetahui Karaketristik Provider Telepon Seluler pada Mahasiswa
S1 FSM Universitas Diponegoro”, Jurnal Gaussian, 05 (3), 331-340 (2016).
Published
2022-04-20
How to Cite
Dibah, F., & Kusrini, D. E. (2022). ANALISIS KEPUASAN DAN POSITIONING SELLER E-MARKETPLACE DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN BIPLOT. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 459-464. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.459-464
Section
Articles