FUNGSI SIMETRI TERHADAP TITIK (a; b ) DAN BEBERAPA SIFATNYA

  • Firdaus Ubaidillah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember, Indonesia
Keywords: fungsi ganjil, fungsi simetri terhadap titik, grafik simetris

Abstract

Fungsi f : R -> R dikatakan fungsi ganjil jika f(x) = f(x) untuk setiap x atau jika grafik fungsi f simetri terhadap titik asal, yakni titik (0,0). Tujuan dalam tulisan ini adalah memperkenalkan fungsi yang lebih umum dari fungsi ganjil, yang selanjutnya dinamakan fungsi simetri terhadap titik (a,b). Selain itu, tulisan ini akan membahas beberapa sifat dari fungsi simetri terhadap titik (a; b) yang diturunkan dari sifat-sifat fungsi ganjil yang telah dikenal selama ini. Beberapa hasil yang diperoleh diantaranya kombinasi linear dua fungsi simetri terhadap titik (a,b) merupakan fungsi simetri terhadap titik (a,2b), integral fungsi simetri ter-hadap titik (a; b) pada selang tertutup [a-c,a + c] bernilai 2bc untuk setiap bilangan real c, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M.L. Bittinger, D. J. Ellenbogen, dan S. A. Surgent, Calculus and Its Applications, Edisi ke 10, Pearson Education, Inc., Boston (2012).
[2] E. Herman, dan G. Strang, Calculus Volume 1, Open Stax, Houston (2018).
[3] J. Stewart, Calculus Early Transcendentals, Edisi ke 6, Thomson Learning, Inc., Belmont (2008).
[4] F. Ubaidillah, Fungsi Simetri terhadap Garis x = a dan Sifat-sifatnya, Majalah Ilmiah Matematika dan Statistika, Vol. 20 (2), 45-52 (2020).
Published
2022-04-19
How to Cite
Ubaidillah, F. (2022). FUNGSI SIMETRI TERHADAP TITIK (a; b ) DAN BEBERAPA SIFATNYA. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 77-82. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pcst/article/view/5643
Section
Articles