LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA DAN LIMAS

  • Fithroh Nafa Dzillah Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Latifah Mustofa Lestyanto Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: alat peraga, lembar kegiatan peserta didik, limas, luas permukaan, penemuan terbimbing, pengembangan, prisma, volume

Abstract

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan lembar berisi tugas yang dibu-at untuk mendukung peserta didik agar belajar secara aktif dan mampu mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di sebuah MTs yang berlokasi di Gresik. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui pembelajaran ma-tematika di sekolah tersebut belum menggunakan LKPD dan hanya diberikan ringkasan ma-teri dan contoh soal, sehingga peserta didik menjadi tidak terbiasa dalam mengkonstruk suatu konsep. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (penelitian pendahuluan, pembuatan prototype, dan penilaian). Kelayakan LKPD didasarkan pada hasil uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator praktisi dengan mengisi lembar validasi, dan diperoleh hasil bahwa LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,95. Uji kepraktisan dilakukan dengan menggunakan lembar angket respons guru dan memenuhi kriteria praktis dengan skor 3,4 serta lembar angket re-spons peserta didik dan memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,36. Uji keefektifan dilakukan dengan mengunakan soal tes dan diperoleh hasil bahwa LKPD yang dikem-bangkan dinyatakan efektif karena 77,78% peserta didik memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. LKPD yang dikembangakan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Secara keseluruhan, guru mampu melakukan pembelajaran menggunakan LKPD dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran pada RPP dan peserta didik tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan pada LKPD, serta mampu mengkonstruksi konsep luas permukaan dan volume prisma dan limas. Dengan demikian LKPD layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mursalin, “Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget,” J. Dikma, vol. 4, no. 2, pp. 250–258, (2016).
[2] “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah”, Available: http://pgsd.uad.ac.id/.
[3] R. Mawaddah, S., Maryanti, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning),” EDU-MAT, vol. 4, no. April, pp. 76–85, (2016).
[4] S. Purwatiningsi, “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok,” J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 01, no. 01, pp. 53–63, (2013).
[5] H. Liberna, “Membangun Interaksi Edukatif yang Bernilai Normatif Melalui Pengajaran Berbasis Aktifitas,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 149–157, (2015).
[6] Umbaryati, “Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika,” Univ. Lampung, pp. 217–225, (2018).
[7] Depdiknas, “Panduan Pengembangan Bahan Ajar,” (2008).
[8] A. Putra and H. Syarifuddin, “Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis,” vol. 1, no. November, pp. 56–62, (2018).
[9] S. Annisah, “Alat Peraga Pembelajaran Matematika,” J. Tarb., vol. 11, no. 1, pp. 1–15, (2014).
[10] P. Lestari Eka, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII,” Universitas Negeri Malang, (2017).
[11] A. D. Hanum, “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing pada Materi Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Malang,” Universitas Negeri Malang, (2019).
[12] Hobri, Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila, 2010.
[13] T. Plomp, “Educational design research: An introduction. Educational design research,” pp. 11–50, (2013).
[14] D. Larasati and E. Prihatnani, “Pengembangan Media Championship Track Math Untuk Pembelajaran SPLDV Pada Jenjang SMP,” J. Mitra Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 11–22, (2018).
Published
2022-04-20
How to Cite
Dzillah, F., & Lestyanto, L. (2022). LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA DAN LIMAS. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 177-182. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.177-182
Section
Articles