EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GELANG MANIK-MANIK KHAS DAYAK KALIMANTAN SEBAGAI SUMBER PENYUSUNAN LKPD

  • Silvia Silvia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidi-kan, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
Keywords: etnomatematika, gelangmanik-manikkhasdayak, lkpd

Abstract

Etnomatematika adalah pengetahuan matematika dalam budaya yang dipraktikkan oleh kelompok-kelompok tertentu. Memanfaatkan etnomatematika di dalam pembelajaran matematika akan membuat pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna. Dalam penelitian ini, peneliti akan merancang bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika gelang manik-manik khas Dayak. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui unsur-unsur matematika yang terdapat dalam gelang manik-manik khas Suku Dayak, dan 2) membuat LKPD bagi siswa SMP dan/atau SMA yang berbasis etnomatematika pada gelang manik-manik khas Suku Dayak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengrajin manik-manik khas Dayak di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dorit Tunggal Sanggau, Kalimantan Barat. Peneliti melakukan wawancara, dan observasi untuk memperoleh data. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berikut adalah hasil penelitian yang diperoleh da-lam penelitian ini. 1) Aktivitas-aktivitas fundamental etnomatematika yang ditemukan dalam budaya gelang manik-manik khas Dayak adalah counting, locating, measuring, designing, playing, dan explaining. 2) Penelitian ini telah merancang LKPD berbasis etnomatematika pada gelang manik-manik khas Dayak dengan materi himpunan dan Sistem Persamaan Line-ar Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini juga menemukan materi-materi matematika SMP dan SMA yang dapat dipelajari siswa dengan berbasis etnomatematika pada gelang menik-manik khas Dayak, yaitu bilangan, perbandingan, pola bilangan, aritmetika sosial, persa-maan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel, relasi dan fungsi, bentuk aljabar, transformasi, kekongruenan dan kesebangunan, dan program linear.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (BPS), Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari - hari Penduduk Indonesia, BPS, Jakarta, (2011).

Museum Negeri Provinsi Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat, Manik-manik-Kalimantan, Museum Negeri Provinsi Kalimantan Selatan "Lambung Mangkurat", Banjarbaru, (1998).

D’Ambrosio, U, “Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics,” The Learning of Mathematics, 5(1), 44-48, (1985).

Bishop, A. J, “The Relationship Between Mathematics Education and Culture,” Opening address delivered at the Iranian Mathematics Education Conference in Kermanshah, Iran, (1997).

Richardo, R, “Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013,” Literasi, 7(2), 118-125, (2016).

Suprana, E., and N. Farida, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Transformasi,” Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-7, (2019).

Finariyati, A., A. Rahman., and Y. Amalia, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” MAJU, 7(1), 89-97, (2020).

Ahmad, K. and I. Lestari, “Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa,” Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(Th.XIII), 183-193, (2010).

Sari, P., “Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI,” Gantang, 2(1), 41-50, (2017).

Yusuf, A. M, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Kencana, Jakarta, (2017).

Fitrah and Luthfiyah, Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Jejak, Sukabumi, (2017).

Zubainur, C. M and R. M. Bambang, Perencanaan Pembelajaran Matematika. Darussalam, Syiah Kuala Universitas Press, Banda Aceh, (2017).

Published
2022-04-20
How to Cite
Silvia, S. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GELANG MANIK-MANIK KHAS DAYAK KALIMANTAN SEBAGAI SUMBER PENYUSUNAN LKPD. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 195-206. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pcst/article/view/5672
Section
Articles