PERAN PENULISAN JURNAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Gusti Firda Khairunnisa Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Frida Siswiyanti Jurusan Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia
Keywords: jurnal, pembelajaran daring matematika

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk melangsungkan pembelajaran secara daring sebagai dampak dari pandemi Covid-19 mengakibatkan pendidik dan peserta didik perlu beradaptasi pada perubahan dengan cukup cepat. Hal ini memunculkan tantangan tersendiri dalam pem-belajaran Matematika. Salah satu tantangan untuk pendidik adalah memastikan setiap peserta didik memahami konsep matematis dan pendidik dapat memberikan feedback untuk kesulitan yang dialami peserta didik meskipun pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui penugasan berupa penulisan jurnal matematika. Untuk mengeksplor fakta terkait penulisan jurnal pada pembelaja-ran Matematika, peneliti melakukan penelitian dengan metode Systematic Literature Review. Sebanyak 20 literatur terkait yang merupakan hasil penyaringan dari berbagai database, di-interpretasi dan dikaitkan dengan kondisi pembelajaran Matematika secara daring pada ma-sa pandemi untuk menghasilkan kajian tentang peran penulisan jurnal pada pembelajaran Matematika secara daring. Berdasarkan hasil review, peran penugasan penulisan jurnal ada-lah mampu mendukung pembelajaran matematika secara daring, yaitu meningkatkan pema-haman konsep matematis, sebagai alat refleksi diri peserta didik, mendorong peserta didik untuk mengekspresikan diri dengan bebas, perantara komunikasi antara pendidik dan peserta didik serta menjadikan peserta didik menjadi lebih terbuka dalam mengungkapkan pendapat dan pertanyaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. P. Utami, dan D. A. D. Cahyono, “Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Ma-tema tika pada Proses Pembelajaran Daring”, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26, (2020).

F. N.Arifa, “Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19”, Info Singkat. 12(7), 13-18, (2020).

K. S. Khan, R. Kunz, J. Kleijnen, and G. Antes, “Five steps to conducting a systematic review”, Journal of the Royal Society of Medicine, 96(3), 118–121, (2003).

L. S. Lomibao, C. A. Luna, and R. A. Namoco, “The influence of Mathematical Com-munication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety”, American Journal of Educational Research, 4(5), 378-382, (2016).

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics), Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM, (2000).

D. M. Gammil, “Learning the Write Way”, The Reading Teacher, 59(8), 754-762, (2006).

S. M. Alahmadi, “Mathematical Writing of Intermediate School’s Level Three Female Students in Riyadh City and Its Relation with Mathematical Thinking”, Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 711-721, (2019).

R. Badjeber, “Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Palu Selama Masa Pembelajaran Daring”, Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains, 1(1), 1-9, (2020).

A.Mailizar, S.Almanthari, S. B. Maulina, , “Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia”, Eurasia Journal of Methematics, Science, and Technology Educa-tion, 16(7), 1-9, (2020).

M. Suryaman, Y. Cahyono, D. Muliansyah, O. Bustani, P. Suryani, M. Fahlevi, A. P. Munthe, “COVID-19 pandemic and home online learning system: Does it affect the quality of pharmacy school learning?” Syst. Rev. Pharm, 11, 524-530, (2020).

T. Kohn, R. Maier, S. Thalmann, Knowledge transfer with e-learning resources to de-veloping countries: Barriers and adaptive solutions E-Learning. Springer, (2010).

Arora and Srinivasan, “Impact of Pandemic Covid-19 on the Teaching-Learning Pro-cess: A Study of Higher Education Teachers”, Prabandhan Indian Journal of Manage-mat, 13(4), 43, (2020).

H. P. Koirala, “Facilitating Student Learning through Math Journals”, Proceeding the Annual Meeting of the International Group for Psychology of Mathematics Education, 26th, Norwich, England, July 21-26, (2002).

M. Hamdan, “Nonlinear Learning of Linear Algebra: Active Learning through Journal Writing”, International Journal of Mathematics Education in Science and Technology, 36(6), 607-615, (2005).

F. M. G. Camahalan, and K. M Young, , “Using Math Journals to Encourage Students to Communicate their Understanding of Math Concepts”, Journal of Teacher Action Research, 1(2), 38-52, (2015).

I. K. Guce, “Investigating College Students’ Views on Mathematics Learning through Reflective Journal Writing”, International Journal of Evaluation and Research in Edu-cation, 6(1), 38-44, (2017).

A. I. Barham, E. G. Mohammad, R. Miqdadi, , “Reflective Journal Writing and Correla-tion among Pre-Service Mathematics and Science Teachers”, International Journal of Learning, Teaching, and Educational Research, 18(11), 348-369, (2019).

B. Moorhouse, , “Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic”, Journal of Education for Teaching: Interna-tional Research and Pedagogy 46(3):1-3, (2020).

K. Kostos, and E. K. Shin, “Using math journals to enhance second graders’ communi-cation of mathematical thinking”, Early childhood education journal, 38(3), 223-231, (2010).

G.Kencanawaty, C.Febriyanti, A. Irawan, “Tantangan dan Strategi Pembelajaran Ma-tematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19”, Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 215-220, (2020).

L.Santos, and S. Semana, “Developing mathematics written communication through expository writing supported by assessment strategies”, Educational studies in mathe-matics, 88(1), 65-87, (2015).

Y. B. Amir, and F. Lianghuo, “Exploring How to Implement Journal Writing Effective-ly in Primary Mathematics in Singapore”, (2002).

G. F. Khairunnisa, Y. I. N. Ilmi, “Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0”, Jurnal Tadris Ma-tematika, 3(2), 131-140, (2020).

Published
2022-04-20
How to Cite
Khairunnisa, G., & Siswiyanti, F. (2022). PERAN PENULISAN JURNAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 237-244. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.237-244
Section
Articles