ANALISIS PENGARUH BELANJA DAERAH, JUMLAH PENDUDUK, DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN DAERAH DI KABUPATEN BURU SELATAN TAHUN 2013-2020

  • Dephie Latumahina Universitas Pattimura
  • Martje Riry Universitas Pattimura
  • Olfin Sabono Universitas Pattimura
Keywords: belanja daerah, pendapatan daerah, jumlah penduduk, pdrb

Abstract

Indikasi derajat kemandirian pemerintah daerah tergantung dari seberapa besar pendapatan yang didapatkan secara mandiri. Persoalan yang dihadapi oleh kebanyakan pemerintah daerah adalah pendapatan daerah yang masih didominasi dengan tingkat transfer dana dari pemerintah pusat bukan dari faktor-faktor yang mempengaruhi pemdapatan daerah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh belanja daerah, jumlah penduduk dan PDRB terhadap pendapatan daerah di Kabupaten Buru Selatan pada tahun 2013-2020. Penelitian ini menggunakan bantuan software statistika R. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, pengujian asumsi klasik, membentuk model regresi, pengujian hipotesis simultan (uji F), pengujian hipotesis parsial (uji t), dan pengujian koefisien determinasi. Hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa, data pada penelitian ini sudah melewati pengujian asumsi klasik. Kesimpulan pengujian secara simultan semua variabel bebas bersama-sama mempengaruhi pendapatan daerah sebagai variabel terikat. Secara parsial, hanya variabel belanja daerah yang berpengaruh positif terhadap pendapatan daerah sedangkan variabel jumlah penduduk dan PDRB tidak terdapat pengaruh

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Atmaja, Arief Eka, and R. Mulyo Hendarto. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Semarang. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, (2011).
[2] BPS Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Buru Selatan dalam Angka 2013 – 2021.
[3] Janie, Dyah Nirmala Arum. "Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS." Jurnal, April (2012).
[4] Mayza, Miragustia, Raja Masbar, and Muhammad Nasir. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (Pad) Provinsi Aceh." Jurnal Ilmu Ekonomi: 3(1) (2015).
[5] Prana, Riandani Rezki. "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tebing Tinggi." Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen 4(1) (2019).
[6] Purbayu Budi Santosa dan Retno Fuji Rahayu. Analisis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Dalam Upaya Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Kabupaten Kediri. Journal Dinamika Pembangunan, 2(1) (2005).
[7] Undang-Undang RI Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
[8] Undang-Undang RI Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
[9] Widodo, Wahyu Indro, and Bambang Guritno. "Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restauran Dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kota Yogyakarta." Jurnal Visi Manajemen 2(2) (2017).
Published
2022-05-27
How to Cite
Latumahina, D., Riry, M., & Sabono, O. (2022). ANALISIS PENGARUH BELANJA DAERAH, JUMLAH PENDUDUK, DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN DAERAH DI KABUPATEN BURU SELATAN TAHUN 2013-2020. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 509-516. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pcst/article/view/5865
Section
Articles