ANALISIS TINGKAT KEGEMARAN AYAM GEPUK PAK GEMBUS DARI BERBAGAI JENIS PAKET MELALUI PENDEKATAN UJI STATISTIK

  • Maharani Tiara Pramuditya Universitas Cenderawasih
  • Evan Claude Boudewijn Kainama Universitas Cenderawasih
  • Agustinus Langowuyo Universitas Cenderawasih
Keywords: AGPG, Beda nyata terkecil, Uji Friedman, rancangan acak lengkap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kegemaran Ayam Gepuk Pak Gembus dari berbagai paket yang ditawarkan. Penelitian ini menggunkana uji Frideman dan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu Paket A, Paket B, Paket C, serta Paket D dan sebagai ulangan digunakan 30 konsumen ayam gepuk. Data yang diperoleh menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Perbandingan Beda Nyata Terkecil (BNT) jika menunjukan adanya beda nyata pada perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji Friedman terdapat perbedaan secara nyata (α=5%) terhadap pengujian rasa antar perlakuan tetapi tidak adanya perbedaan terhadap pengujian isi dan harga, begitu pula hasil melalui uji RAL, terdapat perbedaan secara nyata (α=5%) terhadap pengujian rasa antar perlakuan tetapi tidak adanya perbedaan terhadap pengujian isi dan harga . Pemilihan perlakuan terbaik untuk pengujian rasa diambil dengan BNT menujukan Paket C dan Paket A lebih unggul dibandingan paket B dan paket D

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bambang A. Harsojuwono, I Wayan Arnata, Gusti Ayu K. Puspawati, "Rancangan Percobaan Teori, Aplikasi SPSS dan EXCEL", Lintas kata Publishing, Malang., (2011).
[2] Dutka, A., "AMA Hand Book for Customer Satisfaction", NTC Business Book, Lincolnwood, Illinois, (2008).
[3] Suradi, Kusmajadi, "Tingkat Kesukaan Bakso dari Berbagai Jenis Daging Melalui Beberapa Pendekatan Statistik (The Hedonic Scaling of Meatball from Various kind of meat on Several Statistic Approached)", Jurnal Ilmu Ternak, Vol. 7 NO.1, hal 52-57, (2007).
[4] Fiani, M. S., & Japrianto, E. Analisa pengaruh Food Quality & brand image terhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti ganep's di Kota Solo. Jurnal management pemasaran., (2012).
[5] Lai, T. "Service Quality and Preceived Value's Impact on Satisfaction, Intention and Usage of Short Message Service (SMS),". Information System Frontiers, 8(4). 11-17 (2004)
[6] Zeithmal, V.A, & Bitner, M. Service Marketing (4th ed). New York : McGraw Hill: International Edition, (2006).
Published
2022-05-27
How to Cite
Pramuditya, M., Kainama, E., & Langowuyo, A. (2022). ANALISIS TINGKAT KEGEMARAN AYAM GEPUK PAK GEMBUS DARI BERBAGAI JENIS PAKET MELALUI PENDEKATAN UJI STATISTIK. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 553-558. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.553-558
Section
Articles