PENAKSIRAN RATA-RATA EXCESS CLAIM PESERTA DARI PERUSAHAAN PEMBERI LAYANAN KESEHATAN PT. X

  • Wildan Wildan Universitas Islam Bandung
  • Indah Permatasari Universitas Islam Bandung
  • Aceng Komarudin Mutaqin Universitas Islam Bandung
Keywords: Excess Claim, Asuransi Kesehatan, Pemberi Layanan Kesehatan, Distribusi Lognormal, Uji Anderson-Darling

Abstract

Dalam artikel ini dibahas penaksiran rata-rata excess claim peserta dari perusahaan pemberi layanan kesehatan PT. X berdasarkan data periode Agustus 2015-Juli 2016. Excess claim merupakan selisih antara biaya pengajuan dari peserta dengan biaya yang disetujui oleh perusahaan. Jika biaya pengajuannya lebih besar dari biaya yang disetujui, maka kelebihan biaya tersebut dibayarkan oleh peserta. Data excess claim yang digunakan akan didasarkan pada jenis kepesertaan, yaitu principa (karyawan), spouse (pasangan), dan child (anak). Berdasarkan tiga jenis kepesertaan tersebut, diketahui bahwa sebagian besar berada di kategori 1, yaitu nilai excess claim-nya nol. Untuk hasil pemodelan data excess claim perusahaan X yang tak bernilai nol berdistribusi lognormal, dan taksiran rata-rata data excess claim untuk karyawan (principa), pasangan (spouse), dan anak (child) masing-masing sebesar Rp. 39.186, Rp. 29.997, dan Rp. 24.451

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Damanik, E. (2016). Pengertian Klaim Asuransi Menurut Para Ahli, [online](http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-klaimasuransi-menurut-para.html). Diakses pada 29 Oktober 2016.
[2] Edukiper. (2016). Pengertian, jenis-jenis dan manfaat asuransi kesehatan, [online](http://www.edukiper.com/2015/12/jenis-dan-manfaat-asuransikesehatan.html). Diakses pada 29 Oktober 2016.
[3] Hidayatullah, S. (2015). Cara Menguasai Statistik Deskriptif. Jakarta: Salemba Teknika.
[4] Kvanli, A.H., Shen, Y.K., & Deng, L.Y. (1998).Construction of Confidence Intervals for the Mean of a Population Containing Many Zero Values. Journal of Business & Economic Statistics, vol. 16 no. 3.
[5] Law. A.M. & Kelton. W.D. Simulation Modeling and Analysis. Edisi Kedua. McGrawHill Inc., New York. (1991).
[6] Mangkuatmojo, S.. Statistik Deskriptif. Jakarta: Rineka Cipta. 2015.
[7] Rahayu, E., & Sulistiadi, W. (2013).Gambaran Ekses Klaim Provider PT Asuransi X pada Polis yang Diterbitkan Tahun 2012 Periode Pelayanan Januari 2012 – Oktober 2013, [online](http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-11/S56616-Evi). Diakses pada 29 Oktober 2016.
[8] Software EasyFit.
[9] Undang-Undang Hukum Dagang pasal 246 tentang asuransi.
Published
2022-05-28
How to Cite
Wildan, W., Permatasari, I., & Mutaqin, A. (2022). PENAKSIRAN RATA-RATA EXCESS CLAIM PESERTA DARI PERUSAHAAN PEMBERI LAYANAN KESEHATAN PT. X. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 565-572. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pcst/article/view/5883
Section
Articles