PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GANTUNG

  • Alperu Alperu Pendidikan Matematika, STKIP Surya
  • Nerru Pranuta Murnaka Pendidikan Matematika, STKIP Surya
  • Indra Bayu M Pendidikan Matematika, STKIP Surya
  • Andy Wahyu H Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Keywords: Self Efficacy, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur tercapainya tujuan pendidikan. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar motivasi belajar dan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa VII SMP Negeri 3 Gantung. Intrument dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Variabel dalam penelitian ini adalah self efficacy (X1), motivasi belajar (X2), dan hasil belajar siswa (Y). maka dapat ditarik beberapa kesempilan sebagai berikut. Dari hasil penelitian diperoleh 1) terdapat pengaruh antar self efficacy dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantung; 2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantung; dan 3) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantung

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Varberg, E. Purcell, and S. Rigdon, Calculus, Vol. I, 9th Edition. Pearson, 2007.
[2] Minauli, T. H. dan I. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar. Psikologi, 1, 50–56, 2015.
[3] Sedaghat, M., Abedin, A., & Hejazi, E. Motivation , cognitive engagement , and academic achievement. Elsevier, 15, 2406–2410, 2011. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.117
[4] Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. Penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163-171, 2018.
[5] Korelich, K., & Maxwell, G. The Board of Trustees’ professional development and effects on student achievement. Research in Higher Education Journal, 27(27), 1–15, 2015.
[6] Murnaka, N. P., & Manalu, R. I. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 317-328, 2018.
[7] Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
[8] Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
[9] Indonesia, K. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. 2003.
[10] Indonesia, K. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. 2003.
[11] Pajares, F. Self efficacy During Childhood and Adolescence. Chapter 15.339-367. Online, 2006,
[12] Schunk, D.H. Learning Theories An Education Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
[13] Anastasya, D., Murnaka, N. P., John, P., Liana, N. D., & Haryanti. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Prosiding Sendika, 7(2), 2021.
[14] Bandura, A. Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press, 1994.
[15] Sugiarti , R. ., Murkana , N. P., Erlangga , E. ., Adicita , R. ., & Pinandita , S.. Learning model of municipal students. Cypriot Journ al of Educational Sciences , 16 (4), 1765–1775, 2021. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.6039
[16] Gita, A., Yuniarti, D., & Murnaka, N.P.. The Implementation of Matematika Gasing on Multiplication Concept Toward Interest, Study Motivation, and Student Learning Outcome. IICMA 2015, the 3 rd IndoMS International Conference on Mathematics and Its Applications. 234-242, 2015.
[17] Nugroho, A. 2013. Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK NEGERI 1 SEDAYU. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
[18] Kurniyawati, R. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal, Universitas Muhammadyah Surakarta, 2012.
[19] Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA, 2013
[20] Risyhiyani’aisyi. Pengaruh Strategi Pembelajaran Knowledge Sharing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self-efficacy Siswa Di SMPN Jakarta Utara. Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
[21] Pajares, F., & Schunk, D. H. Self-efficacy and self-concept beliefs: Jointly contributing to the quality of human life. Greenwich: Age Publishing, 2005.
[22] Uno, H. B. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara, 2021.
[23] Syifa, Layyinatus. "Pendeteksian Heteroskedasitas dengan Pengujian Korelasi Rank Sperman dan Tindakan Perbaikannya." Skripsi, Universitas Negeri Semarang. 2009.
[24] Pertiwi, N. G. Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar pada siswa kelas V sekolah dasar daerah binaan IV kecamatan cilacap selatan kabupaten cilacap. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015.
[25] Baron, R.A dan Byrne, D. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 2004.
[26] Larasati, I. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Kelas VII-C SMP BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Universitas Sanata Darma Yogyakarta, 2016.
Published
2022-05-28
How to Cite
Alperu, A., Murnaka, N., M, I., & H, A. (2022). PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GANTUNG. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 573-584. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.573-584
Section
Articles