Hipergrup dan Komputasi Grup Fundamental dari Hipergrup Berhingga

  • Soleha Soleha Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Subiono Subiono Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Keywords: Hipergrup, grup fundamental, kelas ekivalen

Abstract

Hipergrup adalah salah satu topik menarik yang banyak perekmbangannya saat ini. Selain  mempelajari subhipergrup, terdapat matematikawan yang mengkomputasi hipergrup berhingga. Misalkan  adalah hipergrup dan adalah relasi fundamental pada , yaitu, relasi ekivalen terkecil pada  sedemikian hingga  adalah grup faktor. Pada paper ini akan dikaji komputasi grup fundaemntal dari hipergrup berhingga yang diberikan. Langkah pertama adalah mendapatkan sifat-sifat aljabar untuk mendapatkan kelas ekivalen dari relasi fundamental dan selanjutnya diperkenalkan suatu algoritma untuk mengkomputasi kelas-kelasnya tersebut.Selain itu, berdasarkan algoritma ini, dikembangkan suatu aplikasi untuk mengkonstruksi kelas-kelas ekivalen dari dan selanjutnya mengkomputasi grup fundmental . Lebih jauh, digunakan sub-program untuk mengkonstruksi seluruh hiperoperasi, kuasihipergrup, hipergrup yang berkardinalitas kurang dari atau sama dengan tiga dan medapatkan grup fundamentalnya. Yang terakhir, diberikan algoritma dan program disertai beberapa contoh terkait komputasi grup fundamental dari  hipergrup dengan order yang berbeda-beda. Metode yang digunakan adalah studi literatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Bijan Davvaz, Polygroup and Related System, World Scientific, 2013.

. Karim Abbasi, et all, Computation of Fundamental Group of a Finite Hypergroup, Sigma J. Eng and Nat Sci 9, 107-125, 2018.

. F. Marty, Sur une generalization de la notion de groupe, in: 8th, Congress Math. Scandinaves, Stockholm, Sweden, 45-49, 1934.

. D. Freni, A new characterization of the derived hypergroup via strongly regular equivalences, Communication in algebra 30(8), 3977-3989., 2002.

Published
2023-04-03
How to Cite
Soleha, S., & Subiono, S. (2023). Hipergrup dan Komputasi Grup Fundamental dari Hipergrup Berhingga. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 4(1), 29-34. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pcst/article/view/8600
Section
Articles