-
Billy Jhones Camerling
Universitas Pattimura
Keywords:
Kapal ikan trimaran, tipikal perairan, iklim dan tinggi gelombang
Abstract
Perairan Maluku adalah termasuk tipikal perairan yang relatif tenang diantara pulau-pulau yang berdekatan dan bergelombang yang cukup tinggi untuk pulau-pulau yang cukup berjauhan. Tipical perairan yang melingkupi perairan laut terbatas dan terbuka menuntut kapal harus dapat dioperasikan pada kondisi perubahan iklim dan cuaca yang sangat cepat bisa berubah disertai kondisi perairan laut yang bergelombang dan membahayakan keselamatan jiwa. Pemilihan bentuk lambung kapal penangkap ikan selama ini belum banyak diteliti guna menjawab tipical dan karakteristik perairan dimana kapal tersebut beroperasi. Dengan Menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui kajian literature dan gambaran informasi yang berlangsung saat penelitian ini maka hasil kajian ini menyimpulkan bahwa Kekurangan kapal monohull ( satu lambung) dibandingkan kapal trimaran (tiga lambung) adalah hambatanya sangat meningkat disebabkan oleh luas bidang basah dan tinggi sarat yang besar sehingga membutuhkan daya penggerak kapal lebih tinggi apabiala dibandingkan dengn kapal trimaran. Disamping itu faktor Seakeeping dan stabilitas melintang dari kapal trimaran sangat baik oleh karena lebar kapal yang lebih besar dari kapal berbadan satu
Downloads
Download data is not yet available.
References
Bhattacharyya, Rameswar. 1978. “ Dynamics of Marine Vehicles ” . John Wiley and Sons. USA. Hughes, G. 1954. “ Friction and Form Resistance in Turbulent Flow and a Proposed Formulation for Use in Model and Ship Correlation ”, Trans INA, Vol. 96. Hetharia, W.R, de Fretes, E.R dan Camerling, B. 2004. “ Desain dan Operasional Prototype Kapal Multifungsi Material Fiberglass Reinforced Pastic (FRP) Untuk Nelayan Pesisir Provinsi Maluku ”, Laporan Akhir Kegiatan Riset Unggulan Kemitraan T.A 2004, Kerjasama Kementrian Riset dan Teknologi (KRT) Republik Indonesia, CV. Pipit Perkasa dan Lembaga Penelitian Universitas Pattimura Ambon. Hetharia, W.R, de Fretes, E.R dan Camerling, B. 2007. “ Kajian Tentang Pengembangan Kapal Trimaran di Indonesia ”, Senta Prosiding seminar Teori dan Aplikasi Teknologi kelautan ; Inovasi Teknologi Kelautan Mempertemukan Perspektif Industri dan Riset; ISSN 1412-2332 ; Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Hughes, G. 1954. “ Friction and Form Resistance in Turbulent Flow and a Proposed Formulation for Use in Model and Ship Correlation”, Trans INA, Vol. 96. Luhulima, R. B, Utama, I.K.A.P, Utama, Sulisetyono A. 2016. “ CFD Analysis into the Resistance Interference of Displacement Trimaran. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, Vol 10. Luhulima, R.B. 2016. “ Studi Karakteristik Hambatan Dan Seakeeping Kapal Trimaran Pada Perairan Tenang Dan Bergelombang “., Buku [disertasi] Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan ITS. Luhulima R. B, Sutiyo, Utama I K A P . 2017. “ An Investigation Into The Correlation Between Resistance and Seakeeping Characteristics of Trimaran at Various Configuration and with Particular Case in Connection with Energy Efficiency ”. International Symposium on Marine Engineering (ISME) October 15-19, 2017, Tokyo, Japan Molland, A.F., Utama, I K A P., and Buckland, D. 2000. “ Power Estimation for High Speed Displacement Catamarans ”, The second Regional Conference on Marine Technology for Sustainable Development in an Archipelago Environment, Proc. MARTEC’2000, Surabaya, Indonesia. Matatula E. 2019. ” Model Distribusi Bahan Bakar Minyak Wilayah Kepulauan Studi Kasus Di Kepulauan Lease Maluku., Buku [disertasi] Teknik Transportasi Laut, Fakultas Teknologi Kelautan ITS. Samuel S, Iqbal M, Utama I K A P. 2015. “ An investigation into the resistance components of converting a traditional monohull fishing vessel into catamaran form “. International Journal of Technology, Vol 6. Santosa, P.I, Utama I K A P. 2014. “ An investigation into hybrid catamaran fishing vessel : combination of Diesel engine, sails and solar panels “. IPTEK Journal of Proceedings Series Utama, I K A P. 1999. “ Investigation of the Viscous Resistance Components of Catamaran Forms “. [Thesis]. Department of Ship Science, University of Southampton, UK
How to Cite
Camerling, B. (2020). KAJIAN HIDRODINAMIKA BENTUK LAMBUNG KAPAL IKAN SESUAI TIPICAL PERAIRAN MALUKU. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 107-118. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2020.SNPK19.107-118