HUBUNGAN FAKTOR MARKETING MIX DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA WISATA PANTAI LUBANG BUAYA

  • Lilian Mathilda Soukotta Universitas Pattimura
  • Willem Talakua Universitas Pattimura
  • Eygner Gerald Talakua Universitas Pattimura
Keywords: hubungan, marketing mix, minat berkunjung, wisata, lubang buaya

Abstract

Kelemahan pada aspek pemasaran objek wisata pantai Lubang Buaya ini perlu dikelola dengan baik dengan tujuan meningkatkan minat berkunjung kembali wisatawan. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor marketing mix dan menganalisis hubungan faktor-faktor marketing mix dengan minat berkunjung kembali wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner pada 41 responden sebagai sampel, dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif fan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor marketing mix yang teridentifikasi terdapat pada objek wisata pantai Lubang Buaya negeri Morella adalah produk, harga, lokasi, orang (tenaga kerja) dan bukti fisik (physical evidence). Faktor-faktor marketing mix yang berhubungan dengan minat berkunjung kembali pada objek wisata pantai Lubang Buaya negeri Morella adalah produk, harga, dan lokasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon, Ridwan, 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statsitika. Bandung (ID) : Albeta Bandung. Bachtiar, M.L. 2016. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunungkidul (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). [Skripsi]. Yogyakarta ( ID) :Universitas Negeri Yogyakarta. Fatmawati. 2019. Valuasi Ekonomi Terumbu Karang Di Kawasan Ekowisata Bahari Lubang Buaya Negeri Morella. [Skripsi]. Ambon (ID): Universitas Pattimura. Intyas, C.A., Abidin Z. 2018. Manajemen Agribisnis. Malang : UN Press. Lupiyoadi, H. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat. Soraya, A, Tupan, J.M. 2017. Analisis Pengembangan Pariwisata Pantai Lubang Buaya Di Desa Morela Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal ARIKA, Vol 11(2): 191-133. Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung (ID): Penerbit Alfabeta Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung (ID) : Penerbit Alfabeta Suratman, J.P.M., Wili dan Sunarti. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi pada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 57(2): 12-20. Tjiptono, F. 2008. Pemasaran Jasa. Malang (ID): Bayu Media Yoeti, O. A. 2012. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Bandung (ID). Penerbit Angkasa
Published
2020-06-06
How to Cite
Soukotta, L., Talakua, W., & Talakua, E. (2020). HUBUNGAN FAKTOR MARKETING MIX DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA WISATA PANTAI LUBANG BUAYA. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 307-316. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2020.SNPK19.307-316