Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat

  • Repans Manakutty Universitas Pattimura, FKIP, Program Studi Penjaskesrek
  • Christin P. M. Rajagukguk Universitas Kristen Artha Wacana
Keywords: Hasil Belajar, Bola Voli, PBL

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK), merupakan penelitian bersiklus yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas secara berkelanjutan (Maksum 2012)). Untuk itu, guna memperbaiki kualitas pembelajaran Bola Voli khususnya materi Servis Atas maka peneliti menggunakan desain PTK. proses pelaksanaan siklus diatas, dapat dijelaskan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning  dapat meningkatkan hasil belajar gerakan servis atas, pada pembelajaran bola voli memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, pada siklus I yang tuntas 10 subjek atau 75%, dan pada siklus I yang tidak tuntas 9 subjek atau 25%. Pada Siklus I, 9 subjek atau 25% yang belum tuntas pada sikulus I dinyatakan tuntas karena pada siklus II, 19 atau 100% subjek telah mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
Manakutty, R., & Rajagukguk, C. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.30598/manggurebevol5no1page1-10