PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN METODE BLOCKED PRACTICE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SERAM BAGIAN TIMUR

  • Nengsi Bauw Universitas Pattimura, FKIP, Program Studi Penjaskesrek
  • Jacob Anaktototy Universitas Pattimura, FKIP, Program Studi Penjaskesrek
Keywords: peningkatan hasil belajar, pembelajaran PJOK, metode blocked practice

Abstract

Peningkatan hasil belajar merupakan upaya alternatif yang dilakukan dalam permainan Bulutangkis pada pukulan forehand drive dalam permainan bulutangkis dalam metode blocked practice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand drive dalam permainan bulutangkis dalam metode blocked practice pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur, dengan jumlah sebanyak 29 siswa, yang terdiri dari 22 siswa putri dan 7 siswa putra. Penelitian ini terdiri dari II siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran permainan bulutangkis dengan materi atau teknik dasar pukulan forehand drive dengan menerapkan metode blocked practice dapat menunjukkan adanya peningkatan yang posistif terhadap pembelajaran siswa di kelas. Hasil ini dibuktikan berdasarkan hasil penilaian afektif yakni tes tulis dan tes keterampilan siswa dengan materi pukulan forehand drive selama dua siklus, yang mana pada siklus I diperoleh nilai sebesar 84,2%, dan pada siklus II 94,28%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan pada hasil belajar siswa sehingga para siswa mampu mencapai nilai ketuntasan maksimal (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30
How to Cite
Bauw, N., & Anaktototy, J. (2024). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN METODE BLOCKED PRACTICE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SERAM BAGIAN TIMUR. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 5(2), 72-79. https://doi.org/10.30598/manggurebevol5no2page72-79