Side Jobs pada Mahasiswa Aktif Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract
This research examines side jobs that can be undertaken by active physical education students. This research uses a survey method in the form of filling out a questionnaire using Google From media for students active in physical education, health and recreation. This research identifies various jobs that exist outside of lecture hours, the challenges they face, and the skills needed to succeed in this field. The research results show that physical education graduates have a variety of career choices, including becoming coaches, teachers and sports management. The results obtained from research using questionnaires via Google from media contained 23 samples, with the number of active students who had side jobs amounting to 65% and those who did not have side jobs amounting to 35%. Thus, most active students have side jobs outside of lecture hours because they want to gain experience before they enter the real world of work and also have daily living needs that must be met
Downloads
References
Adityo, Budi, Rachmanda. (2017). Analisis Pilihan Antara Pekerjaan Utama atau Sampingan. Malang: Universitas Brawijaya.
Deninta, Savitri. (2014).Survey Tentang Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas ilmu keolahragaan. UNESA, n.d
Dyah, Frika, Lestari. (2020). Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Universitas PGRI Semarang, Volume 8,1.
Danella, Merdiasi. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Volume 4,1.
Hendri, G. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. JurnalPatriot, Volume 2, 171.
Mardelina, Elma., dan Ali, Muhson. (2017). Mahasiswa Bekerja Part Time dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Donald Super .Santrock. (2003 : 484).Yang bahwa masa remaja merupakan saat seseorang membangun konsep diri tentang karir.
Daulay. (2009).Mahasiswa yang kerja paruh waktu (part time) dilatarbelakangi oleh masalah ekonomi, mengisi waktu luang, hidup mandiri dan mencari pengalaman.
Donald Super .Santrock. (2003).Yang bahwa masa remaja merupakan saat seseorang membangun konsep diri tentang karir.
Daulay. (2009).Mahasiswa yang kerja paruh waktu (part time) dilatarbelakangi oleh masalah ekonomi, mengisi waktu luang, hidup mandiri dan mencari pengalaman.
Gati. Asher. (2011).Pemilihan karir bertujuan untuk menemukan alternatif yang paling sesuai dengan keinginan dan kemampuan individu terhadap karir.
Heineck. Schwarze. Panos, (2011).Memberikan bukti bahwa pekerja dapat mengambil pekerjaan kedua lainnya untuk manfaat keuangan, perolehan keterampilan baru atau untuk mendapatkan pengalaman dalam pekerjaan alternatif
Hendri, (2020). Pendidikan Jasmani Olahraga DanKesehatan (PJOK) adalah satu proses pendidikan yang menggunakan aktivitas gerak sebagai media untuk mencapai tujuan pendidikannya.
Imbimbo. T. Gladding. ( 2012). Memilih sebuah karier lebih dari sekedar menentukan apa yang akan dilakukan sesorang untuk mencari nafkah.
Jacinta. Dudija. (2011). yang mendasari seorang mahasiswa untuk bekerja diantaranya adalah kebutuhan finansial, kebutuhan sosial relasional, dan kebutuhan aktualisasi diri.
Motte. Schwartz. (2009). alasan utama mahasiswa bekerja adalah untuk mendapatkan sumber penghasilan.Bekerja untuk membantu orang tua dalam membiayai kuliah.
Ratnasari. (2009).Mengartikan pekerjaan sampingan adalah sebagai aktivitas yang dilakukan diwaktu luang diluar pekerjaan pokok sebagai kegiatan yang disukai dan dapat memberi kepuasan bagi individu yang bersangkutan.
Siedentop. Subroto. (2008). Memaparkan bahwa Education through and of physical activities.
Sukardi (2004:5) pemilihan karir adalah suatu tindakan ekspresif yang memantulkan motivasi, pengetahuan, kepribadian, dan kemampuan orang seseorang.
Sudarsinah, (2021). Dari pengertian diatas dapat disimpulkan PJOK adalah mata pelajaran yang membuat peserta didik bergerak atau berolahraga guna memenuhi kebutuhan geraknya.
Widijoto. tomi (2015). Pendidikan Jasmani adalah aktivitas psikomotorik yang dilaksanakan atas dasar pengetahuan (kognitif) dan pada saat melaksanakannya akan terjadi perilaku pribadi yang terkait dengan sikap atau afektif (seperti kedisiplinan, kejujuran, percaya diri, ketangguhan) serta prilaku sosial seperti kerjasama,
Wiltshire. (2016). mendefinisikan kerja/pekerjaan sebagai konsep yang dinamis dengan berbagai sinonim dan definisi.
Bintarko, A. (2016, agustus 24). Hakikat pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Retrieved from eprints.com: http://eprints.uny.ac.id/7610/3/BAB%202%20-%2009604227174.pdf
Halawa, C. (2016). landasan teori tentang pengertian karir. Retrieved from https://repositori.uma.ac.id: https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/802/5/128320235_file5.pdf

Copyright (c) 2025 MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.