PERBEDAAN PENGARUH ANTARA METODE DRILL DAN METODE KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI HATUSUA

  • Teddy Latue Prodi Penjaskesrek, FKIP Universitas Parttimura Ambon
  • Jusak Syaranamual Prodi Penjaskesrek, FKIP Universitas Parttimura Ambon
  • Johni Melvin Tahapary Prodi Penjaskesrek, FKIP Universitas Parttimura Ambon
Keywords: Drill, Komando, Tolak Peluru

Abstract

Sekolah memiliki halaman yang cukup luas dan digunakan sebagai tempat bermain bagi siswa dan juga sebagai tempat proses pembelajaran pendidikan jasmani. Peralatan olahraga yang dimiliki juga sangat terbatas dan tidak mencukupi standar minimal yang dibutuhkan. Hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah siswa yang mempunyai jumlah rata-rata 14 - 22 siswa untuk setiap kelasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Hatusua yang berjumlah 20 orang. Melihat pada jumlah populasi yang ada, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka terdapat perbedaan pengaruh yang signifikansi pada taraf 5%, thitung lebih besar yaitu 2,327 dari ttabel yaitu 2,10. Dengan demikian, adanya perbedaan penggunaan metode drill dan metode komando terhadap hasil belajar tolak peluru siswa kelas VI SD Negeri 1 Hatusua yang sedang diteliti itu, membawa perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar tolak peluru mereka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-20
How to Cite
Latue, T., Syaranamual, J., & Tahapary, J. (2020). PERBEDAAN PENGARUH ANTARA METODE DRILL DAN METODE KOMANDO TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI HATUSUA. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.30598/manggurebevol1no1page11-18