Pengaruh Latihan Power Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Lurus Pada Atlet Pencak Silat Perguruan Setia Hati Terate Ahuru Ambon

  • Musa - Dolhamau Universitas Pattimura, FKIP, Program Studi Penjaskesrek
  • Idris Moh Latar
  • Emma - Rumahlewang Universitas Pattimura, FKIP, Program Studi Penjaskesrek
Keywords: Power Otot Tungkai, Kemampuan Tendangan Lurus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan power otot tungkai terhadap kemampuan tendangan lurus pada atlet Pencak Silat Perguruan Setia Hati Terate Ahuru Ambon. Rancangan penelitian menggunakan one group pre test – post test. Variabel dalam penilitian ini adalah dua variabel yaitu Variabel bebas (X) power otot tungkai dengan indikatornya one step-jump, two leg-jump, vanch- jump, dan kich-jump, Variabel terikat (Y) kemampuan tendangan lurus dengan indikator adalah banyaknya tendangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet putra-putri silat perguruan Setia Hati Teratai yang berjumlah 15 orang dari tingkat pemegang sabuk hijau sampai putih. Mengingat populasi jumlah sabuk hijau 7 dan sabuk putih 8 maka penilitian ini adalah penelitian populasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa latihan power otot tungkai berpengaruh signifikan terhadap kemampuan tendangan lurus. Hasil ini menjelaskan bahwa terjadi peningkatan kemampuan tendangan lurus pada atlet pencak silat perguruan Setia Hati Teratai Ahuru Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriwardi. (2011). Ilmu Kedokteran Olahraga. EGC.
Anas sudijono. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Rajagrafindo.
Bafirman. (2014). Buku Ajar Pembentukan Kondisi Fisik (Padang). Universitas Negeri Padang.
Chu,Donal, A. (2002). Jumping Into Plyometrics. Lesure Press.
Hasanudin, dkk. (2012). Pengaruh Latihan Power Tungkai Terhadap Keterampilan Tendangan Lurus Pada Olahragara Pencak Silat.
Krause, M. . (2013). Food Nutrilion and Diet Therapy. W.B. Saunders Company.
Lubis, J. (2013). Pencak Silat Panduan Praktis. PT. Raja. Grafindo Persada.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Syarifuddin. (2011). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Bagian Pengadaan Buku Ajar PGSD, D-II.
Published
2022-06-14