CORRELATION ANALYSIS BETWEEN WORK DISCIPLINE AND SERVICE QUALITY OF EMPLOYEES AT CAKKEWARE VILLAGE OFFICE, CENRANA DISTRICT, BONE REGENCY

  • Zul Fachry Universitas Puangrimaggalatung Sengkang
  • Zul Rachmat STMIK Amika Soppeng
Keywords: Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan, Kabupaten Bone

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana dampak disiplin kerja terhadap kualitas layanan pegawai terlihat di Kantor Desa Cakkeware di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone. Dengan menerapkan pendekatan penelitian sensus, penelitian ini mengambil data dari seluruh populasi, yang berfungsi sebagai sampel. Terdiri dari 27 individu, sampel ini mewakili jumlah anggota masyarakat yang berinteraksi dengan Kantor Desa Cakkeware selama periode dari Juni hingga Agustus 2022. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, penyediaan kuesioner, dan dokumentasi, dengan kuesioner sebagai cara utama pengumpulan data. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis asosiatif kuantitatif, analisis data mengungkapkan bahwa tanggapan responden menilai baik disiplin kerja maupun kualitas layanan sebagai standar yang sangat baik. Melalui temuan dari tahap pengujian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara disiplin kerja dan kualitas layanan di Kantor Desa Cakkeware di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Governance volume, 1, no.1. (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/33470, diakses pada 11 juni 2022)
Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Oegawai Terhadap Tingkatan Pelayanan (Studi Pada Kantor Kecamatan Tidore Utara)Jurnal Pendidikan dan Ekonomi (JUPEK), Volume.1, Nomor.1, 22-32.(http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jupek/article/view/58, diakses pada 11 Juni 2022).
Haerana dan Burhanuddin.2022. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung. Widiana Bhakti Persada
Hardiansyah, 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta. Gava media.
Hidayah, D. D. (2020). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Volume, 7. Nomor (1), 28-34.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/3260, diakses pada 2 Juli 2022.
Ismail, Nurdin. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya. Media Sahabat Cendekia.
Karlina, E., Rosanto, O., Saputra, N. E., Sitasi, C., & Karlina, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kedisiplin Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Widya Cipta, Volume. 3 Nomor.(1), 7-16. (https://scholar.archive.org/work/tn4fuwhiuzhp3plmunl76xrzl4/access/wayback/http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/download/5011/pdf) Diakses pada 26 Agustus 2022.
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Semarang. UNPAD PRESS
Rinaldi, Sony Faisal dan Bagya Mujianto. 2017. Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta.
Sinambela, Dr. Lijan Poltak. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Teoritik dan Praktik. Depok. PT. RajaGrafindo.
Taufiqurokhman dan Evi Satisipi. 2018. Teori Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan. UMJ Press
Published
2023-09-06