THE EFFECTIVENESS OF PUBLIC SERVICES IN KAIRATU SUBDISTRICT, WEST SERAM REGENCY

  • Iriane Sosiawaty Ponto Universitas Pattimura
  • Hengky V. R. Pattimukay Universitas Pattimura
  • Djuanda Umasugi Universitas Pattimura
  • Muchlis Fataruba Universitas Pattimura
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, Kecamatan Kairatu

Abstract

Penelitian ini mendasari pada masalah efektivitas pelayanan publik di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan Efektivitas Pelayanan Publik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta capaian pelayanan publik yang efektif di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Desain penelitian ini bersifat klasik dengan menggunakan metode kuantitatif dengan model persentase dan sampel penelitian berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan secara kuantitatif ditunjang dukungan kriteria standar interprestasi sesuai dengan hasil perhitungan persentase yang dicapai dan dikonversikan secara sosiometrik dan hasilnya sebagai tindak lanjut dalam memacu Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa konversi data persentatif yang diwujudkan secara tepat melalui sosiometrik berhasil mengungkap efektivitas pelayanan publik di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat ditentukan oleh ketepatan pencapaian tujuan, ketepatan pencapaian sasaran, ketepatan pencapaian target, dan ketepatan pencapaian misi organisasi. Konversi data persentatif dihasilkan sebagai fakta konkrit yang bersifat empiris dan dijadikan informasi aktual bahwa efektivitas pelayanan publik secara persentatif dari sosiometrik terbukti dengan jelas dipengaruhi oleh waktu pelayanan publik, kecermatan pelayanan publik, dan gaya pelayanan publik. Terbuktikan bahwa akan tercapai pelayanan publik yang efektif apabila dilaksanakan dengan baik sehingga memberikan kontribusi positif bagi efektivitas pelayanan publik di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Fransisca, 2016. Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Tenggarong Seberang, eJournal Ilmu Pemerintahan, 2016, 4 (4): 1-7 ISSN 2477-2458, ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2016
Darmawan, 2017 “Efisiensi Dan Efektivitas Pelayanan Publik (Studi Di Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban)” Government Science 2007-01-29. (umm.ac.id)
Gibson, James L., dkk., 2003. Organisasi dan Manajemen; Perilaku, Struktur, Dan Proses, Jakarta: Erlangga.
Handoko, T. Hani, 2003. Manajemen, Yogyakarta: BPFE.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kurniawan Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Published
2023-09-06