THE IMPACT OF ORGANIZATIONAL CULTURE ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY AT THE OFFICE OF THE DEPARTMENT OF EDUCATION IN SOPPENG REGENCY

  • Zul Fadli Universitas Pattimura
  • Andi Adriani Wahditiya Universitas Pattimura
  • Nur Tasmiah Sirajuddin Universitas Pattimura
Keywords: Budaya Organisasi, Produktivitas Pegawai, Dinas Pendidikan

Abstract

Untuk menguji dampak budaya organisasi terhadap produktivitas pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng merupakan tujuan dari penelitian ini. Dimana metode kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas yang mengikutsertakan sebanyak 47 orang sebagai sampel digunakan dalam penelitian ini. Melalui kegiatan observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi, peneliti mengumpulkan data kemudian menganalisisnya dengan memakai metode statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng mempunyai budaya organisasi dalam kategori capaian sangat baik melalui indikator sepertiĀ  terobosan dan keberanian menghadapi masalah, memperhatikan secara detail, mengarah ke hasil yang optimal, menjaga hubungan baik sesama manusia, bekerja bersama sebagai tim, bersemangat dan konsisten. Kemudian, produktivitas pegawai juga termasuk dalam kategori capaian sangat baik, dengan indikator seperti disiplin dalam memberikan pelayanan, bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan, kemampuan memberikan pelayanan, dan tata krama dalam pemberian pelayanan.

Dalam analisis regresi linear sederhana menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari budaya organisasi atas produktivitas pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng. Kemudian terdapat tingkat korelasi yang kuat antara budaya organisasi dan produktivitas pegawai dalam hasil analisis product moment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianty, N. (2014). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2).
Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Ugm Press.
Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.
Hamdani, N. A., & Ramdhani, A. (2019). Teori Organisasi. Bandung: Karima.
Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 69-88.
Mahsyar, A. (2011). Masalah pelayanan publik di Indonesia dalam perspektif administrasi publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).
Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9-25.
Rosalin, S., Rahayu, K. S., Utami, R. B., Edityastono, L., & Yuliawan, R. (2022). Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Brawijaya Press.
Saggaf, S., Salam, R., Kahar, F., & Akib, H. (2014). Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern. Jurnal Adā€™ministrare, 1(1), 20-27.
Siti Maryam, N. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6.
Sudrajat, T. (2022). Hukum Birokrasi Pemerintah: Kewenangan dan Jabatan. Sinar Grafika.
Sulaksono, H. (2015). Budaya organisasi dan kinerja. Deepublish.
Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.
Published
2023-09-06