FACTORS INFLUENCING INFORMATION TECHNOLOGY-BASED ADMINISTRATIVE SERVICES AT THE AMBON RELIGIOUS TRAINING CENTER

  • Kezia Risly Titarsole Universitas Pattimura
  • Hengky V. R. Pattimukay Universitas Pattimura
  • Julia Th. Patty Universitas Pattimura
Keywords: Pelayanan Administrasi, Teknologi Informasi, Balai Diklat Keagamaan Ambon

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan administrasi berbasis Teknologi Informasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya di Balai Diklat Keagamaan Ambon. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala dalam sumber daya manusia yang terbatas dalam mengelola teknologi administrasi, serta infrastruktur Teknologi Informasi yang kurang memadai. Dengan melibatkan 7 informan kunci, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi berbasis Teknologi Informasi di Balai Diklat Keagamaan Ambon masih belum mencapai tingkat kepuasan yang optimal. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan indikator transparansi, partisipasi, dan efisiensi. Faktor-faktor penghambat melibatkan keterbatasan sumber daya manusia dalam mengelola teknologi administrasi, sementara faktor pendukung mencakup upaya peningkatan infrastruktur Teknologi Informasi. Implikasi dari temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang strategi perbaikan pelayanan administrasi berbasis Teknologi Informasi di institusi sejenis, dengan harapan dapat meningkatkan transparansi, partisipasi, dan efisiensi dalam pelayanan tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika implementasi Teknologi Informasi dalam konteks administrasi keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Auliya, N. H., et al. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. UGM press.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Deepublish.

Karim, A., et al. (2020). Pengantar teknologi informasi. Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.

Kasemin, H. K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Prenada Media.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Rachmadi, T., & Kom, S. (2020). Pengantar Teknologi Informasi (Vol. 1). Tiga Ebook.

Raharjo, M. M. I. (2022). Manajemen Pelayanan Publik. Bumi Aksara.

Rosalin, S., et al. (2022). Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Brawijaya Press.

Saggaf, S., Said, M. M., & Saggaf, W. S. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang (Vol. 1). SAH MEDIA.

Sari, I. N., et al. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Sawir, M. (2020). Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi. Deepublish.

Suryana, D. (Ed.). (2012). Mengenal Teknologi: Teknologi Informasi. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Ulum, M. C. (2018). Public Service: Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik. Universitas Brawijaya Press.

Published
2024-02-13