IMPROVEMENT OF TEACHER PERFORMANCE THROUGH THE IMPLEMENTATION OF A REWARD AND MOTIVATION SYSTEM IN NABIGH ACADEMIC SOPPENG EARLY CHILDHOOD EDUCATION

  • Zul Fadli Universitas Pattimura
Keywords: Kinerja Guru, Penghargaan, Motivasi, PAUD

Abstract

Penelitian ini mendalami implementasi sistem penghargaan dan motivasi dalam meningkatkan kinerja guru di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nabigh Akademik Soppeng. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun sistem telah diimplementasikan, tantangan signifikan terkait ketidakpastian kriteria penghargaan dan kurangnya partisipasi guru masih terjadi. Guru mengharapkan lebih banyak keterlibatan dalam menentukan kriteria dan pengakuan yang lebih personal. Dampak sistem ini juga bervariasi, dengan beberapa guru melaporkan peningkatan motivasi dan kinerja, sementara yang lain merasakan dampak yang kurang signifikan. Faktor-faktor motivasi dan kinerja melibatkan tidak hanya sistem penghargaan tetapi juga dukungan kepemimpinan dan iklim kerja. Kesenjangan antara harapan ideal dan realitas implementasi membuka peluang perbaikan, dengan perlunya revisi kriteria penghargaan dan peningkatan transparansi. Rekomendasi melibatkan peningkatan partisipasi guru dalam perancangan sistem dan integrasi faktor motivasi yang lebih luas. Implikasi temuan ini memberikan dasar bagi PAUD Nabigh Akademik Soppeng untuk meningkatkan efektivitas sistem motivasi dan potensi peningkatan kinerja guru. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur manajemen motivasi PAUD dan menyoroti pentingnya perbaikan berkelanjutan untuk mencapai sistem yang lebih sesuai dengan kebutuhan guru dan tujuan pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369-385.
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88.
Andriani, D. (2018). Pengaruh Pembinaan, disiplin dan motivasi terhadap kinerja guru PAUD Kec. Talang Kelapa. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38-52.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik paud di PAUD Al azhar bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059.
Hamsal, H., Nurman, N., & Razak, A. (2023). Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi, Terhadap Kinerja Guru PAUD Se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 21-34.
Hariyanti, D. P. D. (2012, November). Peningkatan kinerja guru PAUD dalam rangka pengembangan karakter peserta didik. In PENILAIAN KINERJA UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN.
Jaya, W. S. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286-1294.
Khosiah, S., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20-29.
Maknun, N. L. L., Arbarini, M., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Masa Era New Normal di PAUD Kabupaten Kudus. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1035-1043.
Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru Paud Dalam Penilaian Perkembangan Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 460-472.
Ramadoni, W., Kusmintardjo, K., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus di Paud Islam Sabilillah dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1500-1504.
Royani, I., & Fitria, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala PAUD dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 36-45.
Sari, Y. E., Kurniah, N., & Sumarsih, S. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD Sekecamatan Muara Bangkahulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 107-112.
Utaminingsih, S., MM, P., Hardhienata, H. S., & Sunardi, H. O. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU (Tuntutan Profesionalitas Guru PAUD). Pascal Books.
Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3).
Yustiyawan, R. H., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2016). Hubungan Pengembangan Karir, Kompetensi Profesional, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Paud di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1297-1304.
Yusuf, F. A., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya pada Kualitas PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2851-2861.
Published
2024-02-13