IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (PATEN) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BULOA KOTA MAKASSAR

  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura
  • Humairah Almahdali Universitas Pattimura
Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Administrasi

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat sudah sepatutnya memperhatikan kualitas pelayanan karena pelayanan yang baik dari adalah awal bagi tumbuhnya trust masyarakat kepda pemerintah, yang selanjutnya akan menjadikan hal yang menjadi penentu berdayanya masyarakat. Dalam hal  ini, pengukuran mengenai kualitas pelayanan publik merupakan tolak ukur antara pelayanan yang diberikan dengan pelayanan yang diterima. Penyelenggaraan pelayanan terpadu (PATEN) di kelurahan yang proses pengelolaannya, dimulai dari permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel yang satu dengan yang lain. Lokasi dari penelitian ini bertempat di Kantor Kelurahan Buloa Kecamatan Tallo, Jalan Sultan Abdullah Raya Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi ini di pilih atas dasar  pertimbangan bahwa Kelurahan Buloa merupakan Instansi yang telah menerapkan kebijakan pelayanan administrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, K. and Saputra, A. (2020) ‘Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar’,

Warta Dharmawangsa, 14(4), pp. 602–614. doi:10.46576/wdw.v14i4.891.

AR Sakir, A.R. (2021) ‘Budaya Birokrasi : Kinerja Pegawai Samsat Maros dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraa bermotor’,

Ferezegia, D. (2018) ‘Jurnal Sosial Humaniora Terapan Analisis Tingkat Kemiskinan’, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(1)

Latupeirissa, J.J.P. (2022) ‘Dinamika Implementasi Kebijakan Penanggulangan Covid-19 Di Indonesia: Inkonsistensi Pemerintah Pusat Dan Daerah’, Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora, 6(2), p. 324. doi:10.31604/jim.v6i2.2022.324-330.

Novia Tumilantouw, Mandagi, M. and Bogar, W. (2019) ‘Optimalisasi Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan Optimization’, Jurnal Mirai Management, 4(2), pp. 122–136.

Rapita, D.D. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Website Pemerintah Desa Kecamatan’, Jurnal Praksis dan Dedikasi (JPDS), 3(2), pp. 61–67.

Ratnasari, Nempung, T. and Suriadi, L.O. (2016) ‘Analisis Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Sulawesi Tenggara’, Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, 1(1), pp. 82–95.

Sakir, A.R. and Mustari, S.H. (2022) ‘Analisis Tantangan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor UPT ( Unit Pelayanan Teknis ) Pendapatan Maros’, 5(1), pp. 14–22.

Sakir, A.R. and Pattimura, U. (2022) ‘TENGAH EMPOWERMENT OF THE POOR BY THE SOSIAL WELFARE OFFICE IN LETWARU VILLAGE , MASOHI DISTRICT , CENTRAL MALUKU

Utami, T.S. (2021) ‘Optimalisasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mewujudkan Clean and Good Governance Di Kota Semarang’, Jurnal JURISTIC, 2(01), p. 31. doi:10.35973/jrs.v2i01.2047.

Published
2023-02-14