PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL, DL, EL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Vernel Deeng Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Anetha T. F Tilaar Universitas Negeri Manado
Keywords: Model Pembelajaran, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Expository Learning) dan gaya belajar (Visual, Auditorian dan Kinestetik) . subjek penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, dan VII C SMP Advent 04 Paal Dua Manado tahun ajaran 2020/2021. Gaya belajar siswa ditentukan menggunakan angket dan hasil belajar siswa menggunakan instrument tes materi aritmatika social. Setiap kelas diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran PBL, Discovery learning, dan expository learning. Analisis data menggunakan menggunakan analisis varians dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang maksimal jika diterapkan model pembelajaran PBL, siswa yang memiliki gaya belajar Auditorial memiliki hasil belajar yang maksimal jika diterapkan model pembelajaran Ekspository learning, dan siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik memiliki hasil belajar yang maksimal jika di terapkan model pembelajaran PBL, sehingga  Penerapan model pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar yang tepat bisa memaksimalkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-22
How to Cite
Deeng, V., Domu, I., & Tilaar, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL, DL, EL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Sora Journal of Mathematics Education, 2(2), 50-55. https://doi.org/10.30598/sora.2.2.50-55