PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 8 MBD
Abstract
Peran matematika adalah Pendidikan adalah untuk mencerdaskan siswa dengan mengandaikan kecerdasan seperti pisau yang perlu diasah dan matematika sebagai batu gerindanya. Terdapat enam jenis kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang. Setiap orang memiliki paling sedikit satu jenis kecerdasan yang lebih unggul. Salah satu area pemecahan masalah matematika adalah kemampuan spasial. Kemampuan spasial dikelompokan atas tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan spasial siswa kelas X SMA Negeri 8 MBD, mengidentifikasi perbedaan kemampuan spasial pada level tinggi, sedang dan rendah, serta mengetahui pengaruh kemampuan spasial terhadap hasil belajar siswa. Setelah selesai pembuatan laporan penelitian, direncanakan akan dipublikasikan pada jurnal terakreditasi pada tahun 2021. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan analisis data statistic dengan bantuan software SPSS. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear dan analisi varian satu jalur. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homigenitas dan uji linearitas. Tahap pengumpulan data direncanakan akan dilaksanakan sekitar bulan September dengan anggaran yang telah disediakan
Downloads
Copyright (c) 2022 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.