GENDER AND THINKING PROCESSES IN PROBLEM SOLVING A SYSTEM OF LINEAR EQUATIONS WITH TWO VARIABLES: A CASE STUDY OF CLASS VIII JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik kelas VIII SMP Kristen Kalam Kudus Ambon dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari satu peserta didik laki-laki (JT) dan satu peserta didik perempuan (JLK). Alasan pengambilan subjek tersebut, dikarenakan mereka menjelaskan dengan baik hasil penyelesaian soal pemecahan masalah pada saat wawancara dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh data bahwa proses berpikir kedua subjek memiliki proses berpikir yang berbeda-beda pada indikator proses berpikir dalam pemecahan masalah berdasarkan langkah-langkah polanya. Subjek JT dan subjek JLK memiliki proses berpikir konseptual, karena mereka mengungkapkan dengan teliti dan detail dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan sangat cermat dalam mengatasi masalah yang diberikan dengan berbekal pengetahuan yang dimiliki dan konsep yang telah dipelajari. Subjek menggunakan lebih dari satu alternatif jawaban, dan pada langkah akhir selalu melakukan pengecekan kembali hasil yang diperoleh
Downloads
Copyright (c) 2024 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.