Application of the Spatial Regression Model to Analyze Factors that Influence the Human Development Index (HDI) in West Papua Province

Main Article Content

Intan Friska Gainau
Ronald John Djami
Lexy Jansen Sinay
Lazarus Kalvein Beay

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia merupakan suatu angka yang bertujuan untuk melihat kinerja pembangunan wilayah dengan dimensi yang luas. Provinsi Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang IPM terus meningkat setiap tahunnya, meskipun terus mengalami peningkatan, Provinsi Papua Barat tetap menduduki peringkat ke-2 indeks pembangunan manusia terendah di Indonesia. Untuk terus meningkatkan indeks pembangunan manusia di Provinsi Papua Barat perlu diketahui faktor-faktor mengetahui yang mempengaruhinya, salah satu cara yang digunakan untuk menentukannya yaitu dengan pemodelan regresi. Pada penelitian ini dilakukan analisis regresi untuk mendapatkan informasi pengamatan yang dipengaruhi efek lokasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemodelan menggunakan SAR lebih baik dibandingkan menggunkan OLS. Model SAR menghasilkan nilai koefisien determinasi  sebesar 0.987126 lebih besar dari model OLS yaitu 0.982664 dan nilai AIC dari model SAR sebesar 40.3641 lebih kecil dibandingkan model OLS yaitu 44.1147.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
I. F. Gainau, R. Djami, L. J. Sinay, and L. K. Beay, “Application of the Spatial Regression Model to Analyze Factors that Influence the Human Development Index (HDI) in West Papua Province”, Tensor, vol. 4, no. 2, pp. 83-92, Nov. 2023.
Section
Articles