Studi Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon

Marcenda Syerentien Ohoiwirin1, Olivia Tahalele, S. IP, M. Si

  • Marcenda syerentien Ohoiwirin Universitas Pattimura
  • Olivia Tahalele Universitas Pattimura

Abstract

Studi Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon. Pembimbing I : S.Sos, M.Si, dana id Lestaluhu, dan Pembimbing II : Olivia Tahalele. S.IP,M.Si

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan Untuk Bagaimana Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon dalam menjalankan tugas.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Bagian, Kasubag Protokol dan Umum, Kasubag Komunikasi Pimpinan, dan pegawai Protokol dan Komunikasi Pimpinan.Teknik analisis menggunakan analisis data yaitu mengadakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan saat menjalankan tugas, masih terdapat beberapa orang yang menerapkan perilaku komunikasi pasif dan juga agresif tetapi hanya pada saat tertentu saja. Sedangkan perilaku komunikasi asertif diterapakan mulai dari atasan hingga pegawai. Sehingga dalam menjalankan tugas, adanya penghargaan yang diberikan serta hak-hak yang diperhaikan.  Namun dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut juga dapat dilihat bahwa sering terjadinya misskomunikasi yang terjadi sehingga dapat menyebabkan banyak perbedaan pendapat antar atasan dan pegawai juga sesama pegawai, namun dari permasalahan tersebut adanya upaya-upaya yang diakukan oleh atasan kepada pegawai, sehingga dapat teratasi segala permasalahn yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-30
How to Cite
Ohoiwirin, M., & Tahalele, O. (2023). Studi Perilaku Komunikasi Pada Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Ambon. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 2(2), 430-440. https://doi.org/10.30598/JIKPvol2iss2pp430-440