Menangkap Perhatian Audiens melalui Noble Purpose dalam Iklan Thai Life Insurance: Unsung Hero 2014

  • Nurul Fadhillah Universitas Negeri Makassar
  • Andi Fauziyah Hijrina Fatimah Universitas Negeri Makasar
Keywords: Tujuan Mulia; Ikan Thailand; Unsung Hero; Thai Life Insurance; Youtube

Abstract

AAnalisis mengenai munculnya nilai tujuan mulia atau noble purpose atau tujuan mulia dalam iklan masih jarang diperbincangkan. Padahal noble purpose menjadi nilai yang kehadirannya mampu menangkap perhatian audiens dengan baik, tanpa selalu menempatkan audiens dalam posisi pasif. Keberadaan nilai ini menjadi penting jika mengingat banyaknya perusahaan yang menyebarkan iklan berbasis profit semata. Iklan Thailand seperti Unsung Hero pada 2014 menjadi contoh paling nyata bagaimana noble purpose dari perusahaan seperti Thai Life Insurance sukses bekerja. Penelitian ini membedah 14 adegan dan 2 tangkap layar komentar dengan tujuan memberikan gambaran secara keseluruhan tentang usaha Thai Life Insurance memasukkan noble purpose dalam iklannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis deskriptif. Hasilnya, noble purpose yang diperlihatkan oleh Thai Life Insurance dalam iklannnya terlihat dalam akumulasi perbuatan baik dan positif yang dilakukan oleh pemeran utama. Pembahasan dibagi menjadi tiga kategori besar; mulai dari 

bagian awal, begian klimaks, dan bagian akhir. Diperlihatkan scene tokoh utama menempatkan tumbuhan yang hampir mati di bawah aliran air yang membasahinya hingga melihat anak yang dia sedekahi tiap hari bisa bersekolah. Semua adegan tersebut berhasil mendorong audiens iklan ini melakukan tindakan baik dalam kesehariannya yang dibuktikan dari komentar mereka dalam video Youtube Unsung Hero 2014. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu mendapat tempat tersendiri dalam benak audiens jika mempertimbangkan noble purpose sebagai sesuatu yang tidak kalah pentingnya diperlihatkan dalam iklan. Tidak hanya mengejar profit, tapi juga nilai kebaikan bagi audiens.Kontribusi dalam penelitian ini datang dari berkembangnya wawasan dalam melihat perusahaan yang ternyata memiliki pilihan untuk menampilkan iklan dengan mengedepankan noble purpose yang mereka punya lewat visualisasi dan narasi yang ditampilkan. Saran bagi penelitian selanjutnya bisa menjangkau audiens secara langsung lewat studi resepsi guna menyesuaikan temuan dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-04
How to Cite
Fadhillah, N., & Fatimah, A. F. H. (2025). Menangkap Perhatian Audiens melalui Noble Purpose dalam Iklan Thai Life Insurance: Unsung Hero 2014. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 4(1), 1-17. https://doi.org/10.30598/JIKPvol4iss1pp1-17