Menangkap Perhatian Audiens melalui Noble Purpose dalam Iklan Thai Life Insurance: Unsung Hero 2014
Abstract
Analisis mengenai munculnya noble purpose atau tujuan mulia dalam iklan masih jarang diperbincangkan. Padahal noble purpose menjadi nilai yang kehadirannya mampu menangkap perhatian audiens dengan baik, tanpa selalu menempatkan audiens dalam posisi pasif. Keberadaan nilai ini menjadi penting jika mengingat banyaknya perusahaan yang menyebarkan iklan berbasis profit semata. Iklan Thailand seperti Unsung Hero pada 2014 menjadi contoh paling nyata bagaimana noble purpose dari perusahaan seperti Thai Life Insurance sukses bekerja. Penelitian ini membedah 14 adegan dan 2 tangkap layar komentar dengan tujuan memberikan gambaran secara keseluruhan tentang usaha Thai Life Insurance memasukkan noble purpose dalam iklannya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan menempatkan analisis deskriptif. Hasilnya, noble purpose yang diperlihatkan oleh Thai Life Insurance dalam iklannnya terlihat dalam akumulasi perbuatan baik dan positif yang dilakukan oleh pemeran utama. Mulai dari menempatkan tumbuhan yang hampir mati di bawah aliran air yang membasahinya hingga melihat anak yang dia sedekahi tiap hari bisa bersekolah. Semua adegan tersebut berhasil mendorong audiens iklan ini melakukan tindakan baik dalam kesehariannya yang dibuktikan dari komentar mereka dalam video Youtube Unsung Hero 2014.
Downloads
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan merupakan hak cipta dari rumah jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura.