IMPLEMENTASI TEKS CERITA RAKYAT MALUKU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERKAIT NILAI ANTIKORUPSI DI SMA NEGERI 1 AMAHAI, KECAMATAN AMAHAI, KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan terapan berbasis kelas dengan fokus utama pada pengutamaan kembali nilai-nilai antikorupsi dalam sastra lisan sebagai material dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Penelitian dilakukan dalam siklus-siklus, sesuai dengan yang dipersyaratkan pada ancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berfokus pada eksperimentasi strategi pembelajaran nilai antikorupsi berbasis teks cerita rakyat. Hasil penelitian yang telah diselesaikan pada tahun pertama akan diterapkan dalam penelitian berbasis kelas pada sekolah sasaran, yakni SMA Negeri 1 Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran dua siklus berbasis kelas menghasilkan pembelajaran yang kondusif. Siswa mencapai tingkat penguasaan materi yang melewati KKM (70), yakni 90. Dengan demikian, asumsi awal bahwa teks cerita rakyat mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia terkait nilai-nilai antikorupsi dapat dibuktikan dan dinyatakan sesuai untuk dipraktikkan dalam pembelajaran di jenjang-jenjang pendidikan sesuai dengan kurikulum.
Downloads
References
Anderson, Lorin, dan Katwohl. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Assessmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: PT Renika Cipta.
Budiono, Agung. 2016. “Historical Framework of Corruption in Indonesiaâ€, dimuat dalam www.indonesia-investments.com, diakses tanggal 20 Februari 2017.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dridi, Mohammed. “Corruption and Education: Empirical Evidence. International Journal of Economics and Financial Issues Vol. 4, No. 3, 2014, pp.476-493 ISSN: 2146-4138; www.econjournals.com.
Fitri, Agus Zaenul, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Hamzah, Andi. 2007. Pemberantasan Korupsi Melalui Hukum Pidana Nasional dan Internasional. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Kamil, Dairabi. 2014. Fighting Corruption Trough Education Indonesia dan Hong Kong. Jakarta: Ministry of Religious Affairs of The Republic of Indonesia.
Milles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Plessis, Piere du. “Corruption in Education – stealing the futureâ€. Mediterranian Journal of Sciences, Vol. 5, No. 23, November 2014. ISSN 2039-2117 (online) ISSN 2039-9340 (print). Roma, Italia: MCSER Publishing.
Utari, Indah Sri (2011), Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Copyright (c) 2019 ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.