PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERSONIFIKASI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 8 AMBON
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar terpenting bagi manusia, yaitu berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai siswa pada umumnya adalah karya sastra menulis puisi. Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8
Ambon ternyata kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian
dengan judul “Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik personifikasi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri
8 Ambonâ€.
Jenis penelitian yang dipakai adalah Peneletian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hanya 5 siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 25% atau kategori belum cukup. Pada akhir tindakan siklus kedua sebanyak 18 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 90 % dengan nilai rata-rata dari 20 siswa adalah 81,56 atau kategori sangat baik sekali. Hanya 2 siswa yang masih kesulitan menentukan diksi dan gaya bahasa personifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik personifikasi mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
Downloads
References
Ambrosini, Michelle and Moretta, Teresa M. 2003. Poetry Workshop for Midlle School. Activities That Inspire Meaningful Language Learning. USA: International Reading Association.
Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Johnson, Flaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Kennedy, X.J. 2005. Literature: An Introduction to Fiction, Poetry, and Drama
(fourth compact
Suyanto. 1998. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbun.