PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERSONIFIKASI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 8 AMBON

  • Richardo Makatita Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
  • Carolina Sasabone Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Peningkatan, menulis puisi, teknik, personifikasi

Abstract

Menulis   merupakan   salah   satu   keterampilan   dasar terpenting bagi manusia, yaitu berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu ketrampilan yang harus  dikuasai  siswa  pada  umumnya  adalah  karya  sastra  menulis puisi. Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8

Ambon ternyata kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Berdasarkan  permasalahan  tersebut,  peneliti  melakukan  penelitian

dengan judul “Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik personifikasi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri

8 Ambonâ€.

Jenis penelitian yang dipakai adalah Peneletian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hanya 5 siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 25% atau kategori belum cukup. Pada akhir tindakan siklus kedua sebanyak 18 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 90 % dengan nilai rata-rata dari 20 siswa adalah 81,56 atau kategori sangat baik sekali. Hanya 2 siswa yang masih kesulitan menentukan diksi dan gaya  bahasa personifikasi. Dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa penggunaan teknik personifikasi mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Carolina Sasabone, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Ambrosini, Michelle and Moretta, Teresa M. 2003. Poetry Workshop for Midlle School. Activities That Inspire Meaningful Language Learning. USA: International Reading Association.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Johnson, Flaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kennedy, X.J. 2005. Literature: An Introduction to Fiction, Poetry, and Drama

(fourth compact

Suyanto. 1998. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbun.

Published
2019-07-02
How to Cite
Makatita, R., & Sasabone, C. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERSONIFIKASI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 8 AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 29-40. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1hlm29-40