PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 AMBON
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot melalui model pembelajaran contekstual teaching and learning siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dari X MIPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan penugasan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran terdapat 2 siklus, yaitu proses pembelajaran siklus I belum maksimal dilihat dari ketuntasan belajar siswa yaitu 10 orang siswa tidak tuntas dan 10 orang laninya tuntas dengan prsesentase 50% berbeda dengan proses pembelajaran siklus II yang lebih efesien karena terdapat 17 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa lainnya dinayatakan tidak tuntas tuntas dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks anekdot siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3Ambon mengalami peningkatan.
Downloads
Copyright (c) 2024 Grace Somelok, Green G. Papilaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.