PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 AMBON

  • Green G. Papilaya Universitas Pattimura
  • Grace Somelok Universitas Pattimura
Keywords: Menulis teks anekdot, model pembelajaran contekstuan teaching and learning.

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot melalui model pembelajaran contekstual teaching and learning siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Ambon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dari  X MIPA 1. Teknik  pengumpulan data yang digunakan    observasi, wawancara, angket, dan penugasan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran  terdapat 2 siklus, yaitu proses pembelajaran siklus I belum maksimal dilihat dari ketuntasan belajar siswa yaitu 10 orang siswa tidak tuntas dan 10 orang laninya tuntas  dengan prsesentase 50% berbeda dengan proses pembelajaran siklus II  yang lebih efesien karena  terdapat 17 siswa dinyatakan  tuntas dan  3 siswa lainnya dinayatakan tidak tuntas  tuntas dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks anekdot siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3Ambon mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-06
How to Cite
Papilaya, G., & Somelok, G. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 3 AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1001-1010. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no1hlm1001-1010