PROSES DAN MAKNA SIMBOL RITUAL MUNJONG DAYAK TOBAG

  • Yusuf Olang SKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat
  • Yudita Susanti SKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat
  • Marselina Risca SKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat
Keywords: Proses Ritual dan Makna Simbol

Abstract

Masyarakat Tebang Benua memiliki tradisi mengucap syukur setelah dilakukannya  pemanenan padi. Di setiap prosesi tradisi terdapat pemberian sesajen, sesajen tersebut  memuat bagaimana proses ritual dan makna simbol yang menjadi kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan makna simbol pada ritual Munjong Dayak Tobag.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dan dijabarkan secara deskriptif. Sumber  data  dalam penelitian dari Pati Adat, Temenggung yaitu orang-orang penting yang mempunyai peran khusus dalam acara ritual Munjong tersebut.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi non partisipan, wawancara  tidak  terstruktur,  dokumentasi. Alat  pengumpulan  data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triagulasi sumber dan analisis datanya menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ritual Munjong ini merupakan ritual sebagai ungkapan syukur atas hasil panen padi yang selama ini mereka tanam. Simbol dalam ritual sesajen yang sudah disiapkan yaitu sebagai persembahan rasa syukur kepada Tuhan  Yang  Maha  Esa atas  limpahan hasil padi mereka. Makna tradisi dalam ritual ini adalah ungkapan rasa syukur masyarakat Dayak Tobag atas hasil panen padi mereka yang baik. Dalam pelaksanaan ritual ini yang berpartisipasi adalah Kepala Adat, Pati Adat dan Temenggung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endraswara, et al. 2013. Metode Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Frestisari, Imma. “Makna Simbol Tari Nimang Padi dalam Upacara Adat Naek dango masyarakat Dayak kanayant. Volume 02 No.01 Hal 2016.

Murti. 2015. “Prosesi Makna Simbolik Upacara Tradisi Wiwit Padi di Desa Silendung Kecamatan Gebang Kabupaten Puwerjo”. Volume 06 No.05 Hal 68.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi penelitian Kulalitatif. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Wellek Rene & Warren Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Published
2020-05-05
How to Cite
Olang, Y., Susanti, Y., & Risca, M. (2020). PROSES DAN MAKNA SIMBOL RITUAL MUNJONG DAYAK TOBAG. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 213-222. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no1hlm213-222