SIKAP BAHASA PENUTUR BAHASA SELARU DI PULAU SELARU KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR

  • Vista Marlina Lerebulan Universitas Pattimura
  • Romilda Arivina da Costa Universitas Pattimura
Keywords: sikap bahasa, bahasa Selaru, bangga, generasi

Abstract

Dari berbagai jenis bahasa daerah yang tumbuh subur di Indonesia, cukup banyak yang digunakan di Maluku. Di antara puluhan bahasa tersebut, ada bahasa Selaru (BSL) yang dituturkan di Pulau Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Saat ini, Pulau Selaru menjadi prioritas pemerintah karena statusnya sebagai kawasan perbatasan negara dari 111 pulau-pulau kecil terluar (PPKT) yang Berpenghuni. Di pulau tersebut berdiam kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda bahasa, yakni kelompok migran yang berbahasa Yamdena, dan kelompok masyarakat setempat yang berbahasa Selaru. Para migran menempati pusat kecamatan, dan secara kuantitas lebih dominan. Berdasarkan dinamika yang unik itulah, perlunya penelitian sikap bahasa penutur BSL. Dari tujuh desa yang menuturkan BSL, dipilih Desa Kandar dan Desa Lingat sebagai lokasi penelitian dengan mengacu pada jarak kedua desa dengan pusat kecamatan, latar belakang historis, dan potensi desa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan survei. Data utama diperoleh dari kuesioner
survei yang dibagikan kepada para responden penutur BSL yang meliputi generasi muda (GM), generasi transisi (GT), dan generasi lansia (GL). Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap penutur terhadap BSL di Desa Kandar tergolong sangat tinggi, yakni 86,8% meskipun GM sudah kurang mahir menggunakannya. Selanjutnya, di Desa Lingat kebanggaan penutur terhadap BSL sangat tinggi, dan mencapai angka 96,4% karena semua generasi kerap berkomunikasi dengan BSL.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vista Marlina Lerebulan, Universitas Pattimura
 

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Desa Wisata Kandar. 2020. Dalam <https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/kandar>.Dit. Penataan Kawasan. 2019. Rencana Rinci Tata Ruang Pulau Selaru: Sinergi Lingkungan Ekonomi, Keamanan, dan Pertahanan. Dalam <https://tataruang.atrbpn.go.id/Berita/Detail/3568>.Garvin, Paul L. & M. Mathiot. 1972. “The Urbanization of the Guarani Language: A Problem in Language and Culture”. In Joshua A. Fishman (Ed.) Readings in the Sociology of Language (pp. 371-374). Paris: Mouton.

Lewier, Mariana dan Romilda A. da Costa. 2012. “Suku Bangsa dan Bahasa Tanimbar”. Laporan Hasil Penelitian. Balai Pengkajian Nilai Budaya Provinsi Maluku.

Maidiana. 2021. “Penelitian Survey” dalam Alacrity : Journal Of Education, Volume 1, Issue 2, Juni. <http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity.>

Malik, Adam. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Martyawati, Afritta Dwi. 2015. “Sikap Bahasa Etnis Jawa di Luar Homeland-nya (studi Kasus Etnis Jawa di Kelurahan Mugirejo)”. Dalam Proceedings International

Seminar Language Maintenance and Shift V, September 2 3, 2015, hlm. 193-196.

Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Riduwan dan Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Selaru. 2013. Dalam <https://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/direktoripulau/idex.php/public_c/pulau_info/335>.

Sukma, Riza. 2017. “Sikap Remaja Keturunan Betawi terhadap Bahasa Ibu dan Dampaknya pada Pemertahanan Bahasa Betawi”. Tesis Pascasarjana Linguistik pada Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang.

Taber, Mark. 1996. Atlas Bahasa Tanah Maluku. Ambon: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Maluku dan Summer Institute of Linguistics (SIL).

Tan, Mely. 1993. “Penggunaan Data Kuantitatif”. Dalam Koentjaraningrat (Ed.) Metode-Metode Penelitian Masyarakat (hlm. 251-268). Jakarta: Gramedia.

Winarti, Sri. 2015. “Sikap Bahasa Masyarakat di Wilayah Perbatasan NTT: Penelitian Sikap Bahasa pada Desa Silawan, Provinsi Nusa Tenggara Timur”. Dalam Metalingua, Vol. 13 No. 2, Desember, hlm. 215—227.

Published
2023-04-01
How to Cite
Lerebulan, V., & da Costa, R. (2023). SIKAP BAHASA PENUTUR BAHASA SELARU DI PULAU SELARU KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 819-834. https://doi.org/10.30598/arbitrervol5no1hlm819-834