Strategi Pengembangan Wisata Religi dengan Metode SWOT dan AHP pada Gereja Tua Imanuel Hila

  • Imelda Ch Poceratu
Keywords: Wisata Religi, Strategi Pengembangan Wisata, SWOT, AHP

Abstract

Selama ini sektor pariwisata religi Gereja Tua Imanuel Hila, belum dilakukan secara maksimal, Sehingga jumlah wisatawan terus mengalami penurunan. Namun, jika belajar dari sejarah masuknya kekristenan di Maluku, Gereja ini memiliki peranan yang sangat penting. Sejarah inilah yang harus tetap dipertahankan dan diteruskan kepada setiap generasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana strategi pengembangan wisata religi pada Gereja Tua Imanuel Hila dengan cara mengidentifikasi komponen pengembangan pariwisata religi menggunakan metode SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi masing-masing 2 alternatif strategi SO, WO, ST dan WT yang berdasarkan penentuan posisi potensi wisata religi berada pada kaudran V yaitu menunjukkan strategi yang diperlukan untuk potensi saat ini adalah Hold and Maintain (Pertahankan dan Pelihara). Jenis strategi yang efektif digunakan adalah strategi SO yaitu Meningkatkan kesadaran masyarakat maupun wisatawan untuk menjaga gedung Gereja Tua-Hila dan Melibatkan pemerintah pusat maupun daerah dalam proses pemeliharaan dan pengembangan tempat wisata religi Gereja tua-Hila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boedirachminarni, A., dan Suliswanto M. S. W. (2017). Analisis Kepuasan Pengunjung Ekowisata Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(1), p. 105-116..

David, Fred R. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Epure, E. V., Martín-Rodilla, P., Hug, C., Deneckère, R., dan Salinesi, C. (2015). Automatic Process Model Discovery from Textual Methodologies. IEEE Ninth International Conference on Research Challenges in Information Science.

Suryadi K. dan Ramdhani, M. A. (1998), Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi Dan Implementasi konsep Pengambilan Keputusan, Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Rahayu, S. (2015). Pengembangann Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Penelitian Hibah Bersaing.

Peet, R., dan Hartwick, E. R. (2009), Theories of Development: Contentions, Arguments, Alternative, Publisher: Guilford Press.

Setiawan, J., dan Sudrajat, A. (2018). Pemikiran Postmodernisme dan Pandangannya terhadap Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat, vol. 28(1), p. 25-46,.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. 63 Jurnal Spasial

Suryono (2004). Pengantar Teori Pembangunan. Universitas Negeri Malang.

Widarta (2005). Pokok-pokok Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Pondok Edukasi

Published
2024-03-15
How to Cite
Poceratu, I. (2024). Strategi Pengembangan Wisata Religi dengan Metode SWOT dan AHP pada Gereja Tua Imanuel Hila. ARIKA, 18(1), 54-62. https://doi.org/10.30598/arika.2024.18.1.54
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)