Analisis Penerapan Yantek Optimization Terhadap Petugas Pelayanan Teknik PT PLN (Persero) UP3 Masohi

  • Carolus Pandega Nurtyandi
  • Hanok Mandaku Universitas Pattimura
  • Imelda Ch Poceratu
Keywords: Produktivitas Kerja, Jam Kerja, Hari Kerja, Petugas Pelayanan Teknik, PLN

Abstract

PT  PLN (Persero)  merupakan perusahaan yang  memberikan pelayanan kelistrikan, mulai dari membangkitkan tenaga listrik, menyalurkan, mendistribusikan, juga menjaga keandalan pasokan tenaga listrik. Untuk menjaga keandalan pasokan tenaga listrik, PT PLN (Persero) memiliki regu yang dinamai Petugas Pelayanan Teknik (Yantek). Dalam pelaksanaannya, untuk memantau kinerja dari Petugas Yantek, PT PLN (Persero) menyusun program yang bernama Yantek Optimization. Untuk memantau dampak pelaksanaan program pada Petugas Yantek tersebut maka dilakukan analisis program tersebut. Dilakukan pemantauan terhadap hari, jam, dan performa kerja dari masing-masing Petugas Yantek pada UP3 Masohi. Dari hasil pemantauan hari kerja efektif Petugas Pelayanan Teknik yang pada awal pelaksanaan hanya mencapai 50,43% dari shift hari yang telah ditentukan menjadi 100% di periode Desember. Untuk jam kerja efektif Petugas Pelayanan Teknik yang pada awal pelaksanaan hanya mencapai 27,34% dari jam kerja yang telah ditentukan menjadi 100% di periode Desember. Sedangkan performa kerja Petugas Pelayanan Teknik yang pada awal pelaksanaan hanya mencapai 36% dari jam kerja yang telah ditentukan menjadi 100% di periode Desember. Maka disimpulkan bahwa Yantek Optimization telah berjalan baik dan sesuai dengan tujuan yang tunjukan melalui pencapaian Produktivitas rata-rata Petugas Pelayanan Teknik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. E-issn: 2714-8785.

Dessler, G. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenhallindo, Jakarta.

Latief, B. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan PT. Mega Mulia Servindo Di Makasar. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(2), 61-70.

Locke, Edwin A. (1968). Toward A Theory Of Task Motivation And Incentives. Organizational Behavior and Human Performance. 3 (2), 157-189

Poceratu, Imelda Christy. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klass II Ambon. ALE Proceeding, 3, 48-55.

Putra, M, Irwansyah, (2021), Buku Saku Yantek, Semarang, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah,

Snell, S. dan Bohlander, G (2010). Principles Of Human Resource Management. South-Western Cengage Learning. China.

Spancer, Lyle & Signe M. Spancer. (1993) Competence at work, models for superior performance,Canada: Jhon Wiley & sons,Inc., 9-12.

Published
2023-08-31
How to Cite
Nurtyandi, C., Mandaku, H., & Poceratu, I. (2023). Analisis Penerapan Yantek Optimization Terhadap Petugas Pelayanan Teknik PT PLN (Persero) UP3 Masohi. ARIKA, 17(2), 73-83. https://doi.org/10.30598/arika.2023.17.2.73
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>