Evaluasi Efektivitas Pemeliharaan Menggunakan Alat Reminder Pemeliharaan dengan Penerapan Total Productive Maintenance di PT. PLN (Persero) Rayon Haruku

  • J. M. Tupan Universitas Pattimura
  • A. Simanjuntak Program Studi Teknik Mesin Universitas Pattimura
  • Luthfy Aditiar PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Ambon
Keywords: Pemeliharaan, Alat Reminder Pemeliharaan, Total Productive Maintenance

Abstract

Pemeliharaan terencana diSatuan Pembangkit Diesel (SPD )harus dilakukan  tepat waktu yang dapat mendeteksi atau mengetahui masalah lebih dini.Pada kondisi riil dilapangan, kegiatan pemeliharaan di PLTD Rayon Haruku kurang termonitor. PLTD ini memerlukans uatu metode yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan jelas agar dapat melakukan peningkatan kinerja peralatan dan perawatan dengan optimal. Dengan alat reminder pemeliharaan, diharapkan dapat menjaga kondisi mesin agar selalu handal dan siap beroperasi serta tidak mengalami kerusakan pada waktu yang singkat, sehingga hasilnya dapat meningkatkan efektivitas pemeliharaan serta menekan nilai kerugian yang diakibatkan oleh kerusakan komponen mesin. Dari hasil penelitian ini didapat nilai Overall Equipment Effectiveness sebesar 94.37% yang menunjukkan bahwa proses penggunaan alat reminder pemeliharaan sangat membantu proses penerapan TPM secara ideal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi., (2000)., Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan., (2004)., Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Corder, Anthony., (1992)., Teknik Manajemen Pemeliharaan terjemahan K. Hadi. Jakarta: Erlangga.

Garpersz, Vincent. (1998). Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, Apprilian., (2017)., Evaluasi Efektivitas Pemeliharaan Menggunakan Alat Bantu Pengecekan Pelumas Dengan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) di PLTD Hative Kecil. Ambon: Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

________Pusdiklat., (2011)., Diktat Pemeliharaan PLTD. Jakarta: PT PLN (Persero).

Setiawan, F.D., (2008)., Perawatan Mekanikal Mesin Produksi. Yogyakarta: Maximus.

Shirose, Kunio., (1995)., Total Productive Maintenance Team Guide. Portland Oregon: Productivity Press.

Takashi, Yoshikazu, Osada., (2000)., Total Productive Maintenance-TPM, Technical Report. Sweeden: Lulea Tekniska Universitet.

Tajiri, Masaji., (1993)., TPM Implementation, A Japanese Approach. New York. Wireman,

Terry. (2004). Total Productive Maintenance. 2nd ed. New York.

Published
2018-03-12
How to Cite
Tupan, J. M., Simanjuntak, A., & Aditiar, L. (2018). Evaluasi Efektivitas Pemeliharaan Menggunakan Alat Reminder Pemeliharaan dengan Penerapan Total Productive Maintenance di PT. PLN (Persero) Rayon Haruku. ARIKA, 12(1), 25-40. https://doi.org/10.30598/arika.2018.12.1.25
Section
Articles