PENENTUAN UKURAN LOT PEMESANAN OPTIMAL BAHAN BAKU IKAN TUNA DENGAN MODEL DINAMIS ALGORITMA WAGNER-WITHIN DALAM UPAYA MINIMASI ONGKOS TOTAL PERSEDIAAN (Studi Kasus : PT. Mina Maluku Sejahtera)

  • N.E. Maitimu Universitas Pattimura
  • Meirlin S. Peea Universitas Pattimura
Keywords: inventory, pengendalian persediaan, penentuan ukuran lot optimal, metode trial and error, Algoritma Wagner-Within

Abstract

Perencanaan persediaan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh perusahaan dalam proses pengendalian persediaan dimana sejumlah bahan baku dan produk diharapkan dapat diperoleh pada tempat dan waktu yang tepat dan ongkos yang relative rendah. Salah satu perusahaan PT. Mina Maluku Sejahtera yang asetnya adalah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Erie, merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perikanan sebagai salah satu perusahaan dengan kontribusi adalah jenis tuna jelas dihadapakan akan masalah kebijakan inventory perusahaan yang dianggap belum efisien ditinjau dari tingkat penumpukan akibat sistem inventory perusahaan yang masih bersifat trasidional dengan metode trial and error. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan metode pengendalian persediaan dengan teknik Algoritma Wagner-Within untuk penentuan ukuran lot pemesanan dan waktu pemesanan yang optimal, dimana teknik ini menghasilkan total biaya yang paling minimum karena menggunakan program dinamis dan pendekatan matematisnya yang sangat detail.  Langkah pertama dilakukan adalah peramalan permintaan Tuna untuk periode mendatang, hasil peramalan yang dipilih diasumsikan sebagai permintaan yang bersifat pasti dari konsumen. Setelah itu, dilakukan perhitungan biaya pengendalian persediaan melalui 3 langkah model Algoritma W-W. Dari hasil perhitungan diperoleh ukuran lot pemesanan yang menghasilkan ongkos total inventory adalah sebesar Rp. 1.018.747.950 lebih optimal jika dibandingkan dengan sistem yang dipakai perusahaan saat ini yaitu, pada skenario 1 adalah sebesar Rp. 1.022.261.053 dan skenario 2 adalah sebesar Rp. 1.021.500.000. Maka berdasarkan hasil tersebut itu berarti persentase penghematan yang dapat terjadi akibat penurunan  ongkos total adalah sebesar 24% hingga 28 % per tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algiani Meyda (2011). Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Baha Baku dengan Metode Dynamic Lot Sizing pada PT. Satya Sumba Cemerlang untuk Meminimumkan Total Biaya Persediaan. Skripsi pada IT Telkom Bandung.

Harley, G., Whitin, T, M, (1963). Analysis of Inventory System. Amerika : Prentice-Hall International, Inc.

Hendry. Kalim (1997). Perancangan Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kain di Perusahaan Garmen. Skripsi Jurusan Teknik dan Manajemen Industri. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Indiyanto, R. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yayasan Humaniora. Surabaya.

Kusuma. Hendara. Manajemen Produksi Perencanaan dan Pengendaian Produksi. Andi Yogyakarta.

Lundy Maulana dan Retno Setyorini (2011). Perrencanaan Kebutuhan Bahan Baku Produk Windlass Dengan Menggunakan Metode Lot Sizing pada PT PINDAD (PERSERO).

Pailin. D. B. (2002). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kayu Dalam Proses Produksi Meubel. Skipsi Teknik Industri. Universitas Pattimura. Ambon.

Senator Nur Bahagia, 2006, Sistem Inventory, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Published
2017-03-09
How to Cite
Maitimu, N., & Peea, M. S. (2017). PENENTUAN UKURAN LOT PEMESANAN OPTIMAL BAHAN BAKU IKAN TUNA DENGAN MODEL DINAMIS ALGORITMA WAGNER-WITHIN DALAM UPAYA MINIMASI ONGKOS TOTAL PERSEDIAAN (Studi Kasus : PT. Mina Maluku Sejahtera). ARIKA, 11(1), 11-20. https://doi.org/10.30598/arika.2017.11.1.11
Section
Articles