Saving Money Management in Students of State Senior High School 1 West Seram
Saving Money Management pada Siswa Sma Negeri 1 Seram Bagian Barat
Abstract
Students at SMA Negeri 1 Seram Bagian Barat face low financial literacy, marked by poor saving habits, lack of budgeting skills, and minimal understanding of investments. To address this, the “Saving Money Management” training was conducted to improve students’ knowledge and skills in managing personal finances in a simple, applicable way. The program aimed to build basic money management, encourage frugal living, and introduce safe investments for beginners. Using a Participatory Action Research (PAR) approach, students engaged actively in discussions, budgeting simulations, and financial tracking practices. The results showed significant improvement: understanding of money management rose by 28%, budgeting ability increased by 45%, and financial tracking habits improved by 50%. Saving habits and money allocation also increased by 50%, while knowledge of micro-investment grew by 55%. The training proved effective in enhancing financial literacy and fostering healthy financial behavior, receiving strong support from teachers and showing potential for replication in similar contexts.
Downloads
References
Amartya, A., Wardhani, P., Dewi, R. P., & Musiyam, M. (2024). Pengaruh penggunaan gadget pada perilaku belajar geografi siswa SMAN 1 Polokarto sebagai generasi millenial (digital native). GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.24122
Andrianingsih, V., & Asih, D. N. L. (2022). Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pada ibu rumah tangga. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7812
Budidharmanto, L. P., Kaihatu, T., Agustina, K. E., Purwadi, K. V., & Yahya, E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi keuangan pada siswa SMP dan SMA melalui pembelajaran Business Model Canvas dengan metode mentoring. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(7). https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i7.9989
Giantika, G. G., & Qona’ah, S. (2023). Implementasi CSR PT PELNI dalam upaya meningkatkan literasi membaca melalui taman baca PELNI. J-IKA, 10(1). https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.15564
Hendriyani, C., & Raharja, S. J. (2019). Strategi agilitas bisnis peer-to-peer lending startup fintech di era keuangan digital di Indonesia. AdBispreneur, 4(1). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v4i1.20595
Hidayanto, T., Kamaliyah, K., Ramadhan, M. R., & Anwar, M. A. (2022). Identifikasi kemampuan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyusun soal literasi matematika konteks lingkungan lahan basah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14595
Hodsay, Z., Pramika, D., Rachmawati, D., Toyib, M., Yulaini, E., Permatasari, N., Aradea, R., & Suryani, I. (2023). Pelatihan peningkatan pemahaman kurikulum merdeka bagi pengurus organisasi siswa. JCES | FKIP UMMat, 6(3). https://doi.org/10.31764/jces.v6i3.15762
Kandori, I., Watung, S., & Mambu, R. (2022). Pengaruh literasi ekonomi dan motivasi belajar terhadap efektivitas pembelajaran siswa jurusan akuntansi keuangan dan lembaga SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v3i1.4050
Kelly, K., & Pamungkas, A. (2022). Pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan efikasi keuangan terhadap minat investasi saham. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19668
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi pendidikan karakter terintegrasi kurikulum dan metode pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2). https://doi.org/10.24252/10.24252/AULADUNA.V7I2A5.2020
Mustofa, M. (2022). Literasi keuangan syariah dan perilaku menabung mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.49299
Purnama, D., Haroen, H., & Witdiawati, W. (2025). “Gesit” Gerakan Edukasi Stunting Terpadu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja terkait pencegahan stunting. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 8(1). https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i1.18090
Purmadi, A., Muzakkir, M., & Astuti, E. R. P. (2022). Developing M-learning applications to support digital literacy of vocational high school students. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(3), 291–300. https://doi.org/10.17977/um031v9i32022p291
Putra, C. R. W., & Lutfiana, R. (2024). Penyegaran kompetensi guru dalam penyusunan proposal kegiatan sebagai pengembangan kurikulum P5 di SMAN 2 Batu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(2). https://doi.org/10.36312/linov.v9i2.1739
Septyaningsih, U. (2022). Dampak edukasi konsumen dan theory of planned behavior dalam meningkatkan minat menggunakan produk tabungan SimPel. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3). https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19668
Siahaan, S. V. br, Albina, S., Benny, P., Deli, D., Aprianti, S., Oktoberni, O., Anggriani, S., Tarigas, N. G. D., Kontesa, R. P., & Manggara, A. D. (2023). Literasi keuangan pelaku UMKM Desa Wisata Cipta Karya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12862
Silvester, S., Saputro, T. V. D., & Manggu, B. (2024). Pendampingan literasi digital bagi guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(4). https://doi.org/10.36312/linov.v9i4.2276
Sipunga, P. N., & Muhammad, A. (2014). Kecenderungan perilaku konsumtif remaja di tinjau dari pendapatan orang tua pada siswa-siswi SMA Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Ilmu Sosial, 3(2).
Sumantri, M. S., Edwita, E., Abustang, P., Wijaya, S., Triana, H., & Jayadi, J. (2024). Pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi kurikulum Merdeka bagi guru di Pulau Tunda. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2). https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.587
Widiastuti, C., Universari, N., & Kurniawat, E. (2024). Pengaruh literasi keuangan dan inovasi digital terhadap kinerja UMKM. SOSIO DIALEKTIKA, 9(1). https://doi.org/10.31942/sd.v9i1.10395
Yulianto, A., & Wijaya, A. (2022). Peningkatan literasi keuangan melalui metode stimulus-respon. Journal of Community Empowerment, 2(2). https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59615