Sosialisasi Inovatif Pembelajaran Geografi Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa

  • Susan E. Manakane Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Mohammad Amin Lasaiba Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Asep Asep Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Paisal Ansiska Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Yosepus Anthony Halatu Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Herwic K. Pinoa Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
Keywords: Sosialisasi, Pembelajaran, Deeplearning

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan, khususnya deep learning, menawarkan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi. Sosialisasi inovatif ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kota Ambon dengan tujuan membekali guru dalam mengintegrasikan deep learning ke dalam proses pengajaran guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Kegiatan sosialisasi meliputi penyampaian materi teori, praktik penggunaan aplikasi, diskusi interaktif, serta evaluasi dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat antusiasme guru mencapai 88%, dengan 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman konsep deep learning, serta 78% merasa siap mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran. Kendala utama adalah keterbatasan infrastruktur teknologi dan adaptasi terhadap metode baru. Rekomendasi utama mencakup pelatihan lanjutan, pendampingan berkelanjutan, dan peningkatan fasilitas teknologi. Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah strategis dalam transformasi pembelajaran Geografi yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

.Becuwe, H., Roblin, N. P., Tondeur, J., Thys, J., Castelein, E., & van Braak, J. (2018). Teacher Design Teams as a Professional Development Strategy: The Effects on Teachers’ Professional Growth. Educational Technology Research and Development, 66(3), 735–754. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9573-9
Firmantika, A., Rahayu, D., & Sari, M. (2023). Implementasi Model ADDIE dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi. Bandung: Penerbit EduTech.
Fajri, M., Prasetyo, Z. K., & Rahmat, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 89–99.
Mahardika, B., & Suardhika, I. (2018). Partisipasi Pengguna dalam Pengembangan Program Pelatihan Teknologi: Implikasi terhadap Kepercayaan Diri Guru. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 10(1), 45–59.
Nugraha, P., & Nugraha, S. (2022). Keterbatasan Infrastruktur dan Implikasinya terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Edu.
Setiani, L. (2022). Pendampingan dalam Implementasi Teknologi Pendidikan untuk Guru. Semarang: Pustaka Pendidikan.
Published
2025-06-04
How to Cite
Manakane, S. E., Lasaiba, M. A., Asep, A., Ansiska, P., Halatu, Y. A., & Pinoa, H. K. (2025). Sosialisasi Inovatif Pembelajaran Geografi Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pengabdian Arumbai, 3(1), 110-117. https://doi.org/10.30598/arumbai.vol3.iss1.pp110-117
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)