Sosialisasi Inovatif Pembelajaran Geografi Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa
Abstract
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan, khususnya deep learning, menawarkan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi. Sosialisasi inovatif ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kota Ambon dengan tujuan membekali guru dalam mengintegrasikan deep learning ke dalam proses pengajaran guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Kegiatan sosialisasi meliputi penyampaian materi teori, praktik penggunaan aplikasi, diskusi interaktif, serta evaluasi dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan tingkat antusiasme guru mencapai 88%, dengan 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman konsep deep learning, serta 78% merasa siap mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran. Kendala utama adalah keterbatasan infrastruktur teknologi dan adaptasi terhadap metode baru. Rekomendasi utama mencakup pelatihan lanjutan, pendampingan berkelanjutan, dan peningkatan fasilitas teknologi. Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah strategis dalam transformasi pembelajaran Geografi yang lebih inovatif dan relevan dengan kebutuhan era digital.
Downloads
References
Firmantika, A., Rahayu, D., & Sari, M. (2023). Implementasi Model ADDIE dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi. Bandung: Penerbit EduTech.
Fajri, M., Prasetyo, Z. K., & Rahmat, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 89–99.
Mahardika, B., & Suardhika, I. (2018). Partisipasi Pengguna dalam Pengembangan Program Pelatihan Teknologi: Implikasi terhadap Kepercayaan Diri Guru. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 10(1), 45–59.
Nugraha, P., & Nugraha, S. (2022). Keterbatasan Infrastruktur dan Implikasinya terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Edu.
Setiani, L. (2022). Pendampingan dalam Implementasi Teknologi Pendidikan untuk Guru. Semarang: Pustaka Pendidikan.
Copyright (c) 2025 Susan E. Manakane, Mohammad Amin Lasaiba, Asep Asep, Paisal Ansiska, Yosepus Anthony Halatu, Herwic K. Pinoa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.