Kepadatan Jenis Chiton (Polyplacophora) di Perairan Pantai Pulau Ambon

Keywords: Chiton, Kepadatan jenis, Perairan Pantai, Pulau Ambon

Abstract

Latar Belakang: Desa Allang, Desa Hutumuri dan Desa Latuhalat di perairan pantai Pulau Ambon memiliki perairan dengan tipe substrat berpasir dan berbatu sehingga  dapat dijumpai bermacam-macam biota laut. Salah satunya adalah jenis chiton dari kelas Polyplacophora filum Molluska yang habitatnya di bebatuan. Chiton sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pangan tetapi jenis dan keberadaan chiton di perairan pantai Pulau Ambon belum banyak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan kepadatan chiton di perairan pantai Pulau Ambon yaitu di Desa Allang, Desa Hutumuri dan Desa Latuhalat.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu untuk mengungkapkan informasi tentang jenis dan kepadatan chiton di perairan pantai Pulau Ambon. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 di perairan pantai Desa Allang, Desa Hutumuri dan Desa Latuhalat. Penelitian dilakukan dengan metode jelajah bebas untuk mencacah jumlah setiap jenis chiton yang ditemukan di sepanjang pantai dari ketiga Desa tersebut. Sampel diambil secara purposive sampling.

Hasil: Berdasarkan deskripsi morfologi jenis-jenis chiton yang ditemukan di perairan pantai Pulau Ambon sebanyak 5 (lima) jenis chiton yaitu Acanthopleura miles, Acanthopleura gemmata, Plaxiphora kamehamehae, Acanthopleura spinosa dan Acanthopleura loochooana. Nilai kepadatan spesies chiton di perairan pantai Desa Allang adalah sebesar 0.397 individu/m2, Desa Hutumuri sebesar 0.543 individu/m2, dan Desa Latuhalat sebesar 0.346 individu/m2.

Kesimpulan: Kepadatan jenis Chiton di perairan pantai pulau Ambon tergolong tidak padat (kurang) karena nilai rata-rata kepadatan jenis dari tiga stasiun hanya 0.429  individu/m2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-01
How to Cite
Liline, S. (2022). Kepadatan Jenis Chiton (Polyplacophora) di Perairan Pantai Pulau Ambon. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 8(2), 100-106. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page100-106