STUDI LITERATUR : EVALUASI TINGKAT EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Wabah Covid-19 telah menyebabkan perubahan dari segala segi kehidupan, salah satunya yaitu pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh dengan sistem pembelajaran berani. Namun kondisi ini menimbulkan dampak terhadap proses pembelajarann. Sehingga untuk memperluas pengetahuan pengetahuan mengenai tingkat efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar, maka tidak terlepas dari penelitian-penelitian yang terus dikembangkan oleh para ahli. Melalui artikel ini, penulis akan memberikan kajian ilmiah mengenai tingkat efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengerjaan tinjauan pustaka ini adalah studi pustaka sebanyak 10 artikel ulasan yang bersumber dari artikel ilmiah nasional dengan tahun terbit maksimal 2 tahun terakhir (2020-2021). Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan diperoleh kesimpulan mengenai studi literatur tingkat efektivitas pembelajaran darts terhadap hasil belajar biologi.
Berdasarkan 10 artikel yang diperoleh bahwa pembelajaran berani lebih banyak berjalan dengan efektif dibandingkan kurang efektif dan tidak efektif. Meskipun tingkat efektivitasnya lebih tinggi namun tetap harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran.
Downloads
Authors who publish with BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.