STUDI LITERATUR : EVALUASI TINGKAT EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • Kurnia Wulansari Program Studi Magister Pendidikan Biologi UNP
  • Zulyusri Zulyusri
  • Lufri Lufri
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Wabah Covid-19 telah menyebabkan perubahan dari segala segi kehidupan, salah satunya yaitu pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh dengan sistem pembelajaran berani. Namun kondisi ini menimbulkan dampak terhadap proses pembelajarann. Sehingga untuk memperluas pengetahuan pengetahuan mengenai tingkat efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar, maka tidak terlepas dari penelitian-penelitian yang terus dikembangkan oleh para ahli. Melalui artikel ini, penulis akan memberikan kajian ilmiah mengenai tingkat efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengerjaan tinjauan pustaka ini adalah studi pustaka sebanyak 10 artikel ulasan yang bersumber dari artikel ilmiah nasional dengan tahun terbit maksimal 2 tahun terakhir (2020-2021). Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan diperoleh kesimpulan mengenai studi literatur tingkat efektivitas pembelajaran darts terhadap hasil belajar biologi.

Berdasarkan 10 artikel yang diperoleh bahwa pembelajaran berani lebih banyak berjalan dengan efektif dibandingkan kurang efektif dan tidak efektif. Meskipun tingkat efektivitasnya lebih tinggi namun tetap harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-12
How to Cite
Wulansari, K., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2022). STUDI LITERATUR : EVALUASI TINGKAT EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 8(2), 121-126. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page121-126