Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E Commerce Shopee

  • Zalma Dahe Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Geradin Rehatta Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dalam konteks aplikasi e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan melakukan survei kepada pengguna aplikasi e-commerce Shopee untuk mengumpulkan data melalui kuesioner. Variabel kepercayaan konsumen dievaluasi meliputi kepercayaan terhadap keamanan transaksi, kepercayaan terhadap keandalan produk, dan kepercayaan terhadap reputasi Shopee. Sementara itu, variabel kualitas layanan melibatkan responsivitas layanan, keandalan pengiriman, kemudahan penggunaan aplikasi, dan kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen dan kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi e-commerce Shopee. Kepercayaan konsumen terhadap keamanan transaksi, keandalan produk, dan reputasi Shopee secara positif memengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, kualitas layanan, seperti responsivitas layanan, keandalan pengiriman, kemudahan penggunaan aplikasi, dan kualitas produk, juga berkontribusi secara positif terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, J. C. and Narus, J. A. (1990), A Model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnerships? , Journal of Marketing, Vol. 54, pp. 42-58
Asmai, I., dan Zhafitri, L., 2011. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Media Switching Cost. Journal of Business Strategy. 15 (1).
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.
Baum, David. (1999). E-comemerce , Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Don Peppers, Marta Rogers. (2004).”Managing Customer Relationship” Canada: willey.
E., King D., Lee J., Warkentin M. and Chung H.M. (2002). Electronic Commerce 2002 – A Managerial Perspective (Second edition). New York: Prentice Turban Hal
Fairbank, J., Plowman, K. D., & Rawlins, B. L. (2007). Transparency and city government communication. Journal of Publik Affair, 7, 23-27.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Ishak, A., Dan Luthfi, Z. 2011. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs, Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15, No. 1.
Kenneth J. Laudon, Jane P. Laudon. (1998). Sistem Informasi Manajemen: The Digital Firm, International Edotion. New Jersey: Pentise Hall International Inc.
Kotler, P., Armstrong, G., 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lau, G. T. and Lee, S. H. 1999. “Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty,” Journal of Market Focused Management, 4:341-370.
Laudon, Kenneth & Traver (2010). E-commerce, Business, Technology and Society. New York: Prentice Hall.
Mayer, R. C., Davis, J. H. & Schoorman, F. D. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust.
McKnight et al., 2002. “The Impact of Initial Consumer Trust on Intention to Transact with a Website: A Trusting Building Model”. Jurnal Sistem Strategi Informasi, Vol. 11
Moenir ( 2005 : 47 ) , The management of conflick: Interpretations and Interests in Comperative Perspective, Yale University Press.
Moorman, Christine, Rohit Deshpande, dan Gerald Zaltman. 1993. “Factors Affecting Trust in Market Research Relationships”. Journal of Marketing. Vol 57. pp 81-101
Notoadmojo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Rohm, A.J. and Swaminathan, V. (2004) A Typology of Online Shoppers Based on shopping Motivations. Journal of Business Research, 57, 748-757.
Solomon, Robert C. And Flores, Fernando. (2003). Building Trust: In Business,Politics, Relationships, and Life. New York: Oxford University Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2012). Metode Riset, Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Turban, E. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial and Social Network Perspective, London: Pearson Education.
Wong, J. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
2023-12-26
How to Cite
Dahe, Z., & Rehatta, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E Commerce Shopee. JENDELA PENGETAHUAN, 17(1), 11-21. https://doi.org/10.30598/jp17iss1pp11-21