Tradisi Oho’o Langka Pada Masyarakat Negeri Luhu Kabupaten Seram Bagian Barat

  • Hamid Dokolamo Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Kata Kunci: Tradisi, Oho’o Langka.

Abstract

ABSTRAK

Tradisi Oho’o Langka merupakan salah satu tradisi pencak silat yang telah ada sejak zaman dulu. Latar belakang dari Tradisi Oho’o Langka di Negeri Luhu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat merupakan Tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Namun dalam prakteknya, Tradisi Oho’o Langka mengalami sedikit perubahan yakni pada zaman sekarang tidak lagi menggunakan kain sarung sebagai pakaian atau busana dan keris sebagai alat untuk melakukan Tradisi Oho’o Langka.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan Tradisi Oho’o Langka serta mengungkapkan makna dan nilai-nilai dalam tradisi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.  

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi Oho’o Langka adalah tradisi yang berlangsung setiap tahun, yakni pada Hari Raya Idul Fitri dan berlangsung selama tujuh hari. Nilai dari tradisi Oho’o Langka bagi masyarakat Negeri Luhu untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri dan sekaligus untuk mempererat silaturahim bagi masyarakat Negeri Luhu.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-04
How to Cite
Dokolamo, H. (2023). Tradisi Oho’o Langka Pada Masyarakat Negeri Luhu Kabupaten Seram Bagian Barat. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 24-31. https://doi.org/10.30598/jp16iss1pp24-31