Analisis Kenaikan Harga Tahu Terhadap Daya Beli Pedagang Tahu Di Pasar Mardika Ambon

  • Rugaya Rahantoknam Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • William G Louhenapessy Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Francisca R Sinay Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kenaikan Harga Tahu Terhadap Daya Beli Pedagang Tahu di Pasar Mardika Ambon. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung, yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka. Hasil penelitian kenaikan harga tahu terhadap daya beli pedagang tahu di pasar mardika ambon menggunakan uji regresi sederhana sehingga dapat diketahui bahwa kenaikan harga tahu terhadap daya beli pedagang tahu memiliki nilai Standardized Coefficients sebesar 371, tanda korelasinya adalah + (positif) artinya nilai kenaikan harga tahu baik maka pedagang juga akan merasa puas dan begitupun sebaliknya. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima dengan nilai signifikan 0,22 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y atau kenaikan harga tahu berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli pedagang tahu di pasar Mardika Ambon

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-04
How to Cite
Rahantoknam, R., Louhenapessy, W., & Sinay, F. (2023). Analisis Kenaikan Harga Tahu Terhadap Daya Beli Pedagang Tahu Di Pasar Mardika Ambon. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 45-53. https://doi.org/10.30598/jp16iss1pp32-40